Abstract :
Literasi matematis merupakan aspek penting yang mesti diperhatikan dalam pembelajaran
matematika. Namun, berdasarkan laporan PISA dan hasil temuan beberapa penelitian yang
telah dilakukan ditemukan fakta bahwa kemampuan literasi matematis peserta didik masih
rendah, khususnya peserta didik usia 15 tahun yang mayoritas berada pada jenjang SMP.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara statistik peningkatan
kemampuan literasi matematis peserta didik setelah dilaksanakannya pembelajaran
dengan model Problem-Based Learning pada topik statistika (menggunakan data),
termasuk menguji secara statistik peningkatan tersebut jika ditinjau berdasarkan
kategori KAM peserta didik, serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap
implementasi model PBL yang telah dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain kelompok kontrol
non-ekuivalen. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelompok VII di salah
satu SMP Kota Bandung dengan sampel yang terdiri dari dua kelompok, yaitu
kelompok eksperimen dengan model PBL dan kelompok kontrol dengan model
pembelajaran langsung. Data penelitian ini diperoleh dari pretest-posttest kemampuan
literasi matematis, serta angket respon peserta didik dan lembar observasi pelaksanaan
pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) secara statistik peningkatan
kemampuan literasi matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran model
PBL lebih tinggi secara signifikan daripada peserta didik yang memperoleh model
pembelajaran langsung; (2) secara statistik terdapat perbedaan secara signifikan
peningkatan kemampuan literasi matematis peserta didik yang memperoleh
pembelajaran model PBL jika ditinjau dari kategori KAM, yaitu peningkatan
kemampuan literasi matematis peserta didik kategori KAM tinggi lebih unggul atau
lebih tinggi secara signifikan daripada peserta didik kategori KAM sedang dan rendah;
serta; (3) respon peserta didik terhadap implementasi model PBL yang telah
dilaksanakan termasuk dalam kategori positif atau menyukai dan merasa cocok dengan
pembelajaran matematika dengan menggunakan model PBL dalam meningkatkan
kemampuan literasi matematis. :
Mathematical literacy is an important aspect that must be considered in learning mathematics.
However, based on the PISA report and the findings of several studies that have been
conducted, it is found that the mathematical literacy skills of students are still low, especially
students aged 15 years who are mostly at the junior high school level. The purpose of this study
is to statistically test the improvement of students' mathematical literacy skills after the
implementation of learning with the Problem-Based Learning model on the topic of statistics
(using data), including statistically testing the improvement when viewed based on the KAM
category of students, as well as to determine the students' response to the implementation of the
PBL model that has been implemented. This study used a quantitative approach with quasiexperimental method and non-equivalent control group design. The population of this study
was group VII students in one of the Bandung City junior high schools with a sample consisting
of two groups, namely the experimental group with the PBL model and the control group with
the direct learning model. The data of this study were obtained from pretest-posttest of
mathematical literacy skills, as well as students' response questionnaire and learning
implementation observation sheet. The results of this study showed that (1) statistically the
improvement of mathematical literacy skills of students who obtained PBL model learning was
significantly higher than students who obtained direct learning model; (2) statistically there
was a significant difference in the improvement of mathematical literacy skills of students who
obtained PBL model learning when viewed from the KAM category, which is the improvement
of mathematical literacy skills of high KAM category students was superior or significantly
higher than students in the medium and low KAM categories; and; (3) students' responses to
the implementation of the PBL model that has been implemented are included in the positive
category or like and feel suitable for learning mathematics using the PBL model in improving
mathematical literacy skills.