DETAIL DOCUMENT
INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN LUQMAN AL-HAKIM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA :Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Iman Bogor
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Indonesia
Author
Lestari, Gyan Puspa
Subject
BL Religion 
Datestamp
2014-06-27 01:47:59 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas Pendidikan Islam yang berbasis Al-Qur?an dan Al-Hadits di Institusi Pendidikan mengalami berbagai kendala: 1) Pelaksanaannya hanya berada pada aspek kognitif (pengetahuan) semata, 2) belum tercermin dalam sikap hidup orang Islam, 3) belum menjadi pandangan dan sikap hidup (way of life). Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Luqman Al-Hakim dan pengaruhnya terhadap perubahan akhlak siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Iman Bogor. Penelitian lapangan yang menjadikan Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Iman Bogor sebagai objek penelitian ini, menggunakan metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan sampel berdasarkan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, teknik dokumentasi dan literatur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya pembinaan akhlak yang dilakukan para guru terhadap para siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Iman Bogor di mulai sejak siswa memasuki lingkungan sekolah hingga jam pelajaran berakhir melalui penanaman kebiasaan-kebiasaan baik. Namun, dalam upaya mewujudkan penerapan sistem pendidikan yang berlandaskan Al-Qur?an di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Iman Bogor ditemukan ketidakselarasan pola pikir antara Pengawas Yayasan Al-Mawardi dengan beberapa guru. Hal ini ditandai dengan kurangnya pemahaman beberapa guru tentang konsep pendidikan dalam Al-Qur?an, padahal kehadiran buku ?8 Pesan Luqman Al-Hakim,? yang ditulis oleh penyawas Yayasan Al-Mawardi sendiri, dimaksudkan sebagai langkah awal untuk merealisasikan tujuan tersebut. Oleh karenanya, agar penerapan nilai-nilai pendidikan Luqman Al-Hakim dalam pembinaan akhlak siswa dapat berjalan secara optimal, peneliti merekomendasikan agar konsep pendidikan dalam surah ini harus dipahami oleh semua komponen yang memangku peranan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Iman Bogor, meliputi: Struktur pimpinan Yayasan Al-Mawardi, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, para staf bidang dan juga para guru. Dan upaya ini tidak cukup hanya mengandalkan pihak sekolah. Namun, perlu diupayakan juga oleh pihak keluarga. Oleh karenanya, pihak Sekolah perlu melakukan pendekatan terhadap keluarga (orang tua) siswa agar pembiasaan-pembiasaan itu juga dapat berlaku di rumah. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Indonesia