DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN BUKU TEKS TENTANG KIDS MENU SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI PESERTA DIDIK PROGRAM KEAHLIAN KULINER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 1 CILACAP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Indonesia
Author
Rizky Nanda Safitri, -
Subject
GV Recreation Leisure 
Datestamp
2023-08-30 07:11:31 
Abstract :
?Pengembangan Buku Teks Tentang Kids Menu Sebagai Sumber Belajar Bagi Peserta Didik Program Keahlian Kuliner Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Di SMK Negeri 1 Cilacap?. Rizky Nanda Safitri (1906181) ABSTRAK Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan buku teks kids menu yang tepat digunakan sebagai sumber belajar, tahapan penyusunan buku teks, peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah buku teks kids menu digital yang dapat diakses melalui internet atau media digital dengan adanya peningkatan aktivitas guru yang ditunjukan dengan perolehan persentase 72,08% pada siklus I, 73,76% pada siklus II, dan 73,7% pada siklus III, serta adanya peningkatan aktivitas peserta didik yang ditunjukkan dengan perolehan persentase 66,07% pada siklus I, 63,66 pada siklus II, dan 72,1% pada siklus III serta terjadinya peningkatan hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan perolehan persentase ketuntasan sebesar 14,7% pada siklus I, 61,76% pada siklus II, dan 79,41% pada siklus III. Kata kunci: buku teks, kids menu, penelitian tindakan kelas "Development of a Textbook About Kids Menu as a Learning Resource for Culinary Skills Program Students to Improve Understanding and Learning Outcomes in Creative Products and Entrepreneurship Subjects at SMK Negeri 1 Cilacap". Rizky Nanda Safitri (1906181) ABSTRACT This study used a descriptive qualitative research approach with a research method of Classroom Action Research (PTK) which aims to describe the right kids menu text book as a learning resource, increase student activity and learning outcomes. The results of the research are text book about digital kids menus which can be accessed via the internet or digital media with an increase in teacher activity as indicated by the percentage gain of 72.08% in cycle I, 73.76% in cycle II, and 73.7% in cycle III, as well as an increase in student activity as indicated by the percentage gain of 66.07% in cycle I, 63.66 in cycle II, and 72.1% in cycle III as well as an increase in participant learning test results students as indicated by the acquisition of a mastery percentage of 14.7% in cycle I, 61.76% in cycle II, and 79.41% in cycle III. Keywords: teaching module, kids menu, classroom action research 
Institution Info

Universitas Pendidikan Indonesia