DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II MATERI POKOK BANGUN DATAR. (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas II Salah Satu SDN di DKI Jakarta Tahun Ajar 2022/2023)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Indonesia
Author
Cha Cha Meutia Urahman, -
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-08-31 03:56:24 
Abstract :
Rendahnya hasil belajar sangat dipengaruhi oleh pendekatan pembelajaran yang kurang menarik seringkali siswa masih memiliki kesulitan dalam menerima materi yang diberikan oleh guru hal tersebut yang menjadi latar belakang pada penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan etnomatematika permainan tradisional engklek dengan siswa pembelajaran konvensional. Penelitian kuasi eksperimen menjadi metode yang digunakan oleh peneliti dengan menggunakan desain penelitian non-evaquivalent control group. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes pretest dan posttest hasil belajar sebanyak 7 soal yang valid dari 10 soal yang diuji tes validitas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh : 1)Meningkatnya hasil belajar siswa dari kelas eksperimen 0,8005 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,1503 dengan kategori rendah; 2) Pengaruh pendekatan Etnomatematika sebesar 63,4%.. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan etnomatematika permainan tradisional engklek dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II di sekolah dasar, direkomendasi untuk peneliti selanjutnya untuk menganalisis kemampuan yang lainnya agar teridentifikasi indikator kemampuan lainnya. ----- The low learning outcomes are strongly influenced by a learning approach that is less attractive, often students still have difficulty accepting the material provided by the teacher, this is the background in this study. The aim of this research is to improve students' mathematics learning outcomes by using the ethnomathematics approach of traditional hopscotch games with conventional learning students. Quasi-experimental research is the method used by researchers using a non-evaquivalent control group research design. The instruments used in this study were the pretest and posttest results of learning as many as 7 valid questions out of the 10 questions tested for the validity test. Based on the results of the research conducted, it was obtained: 1) The increase in student learning outcomes from the experimental class was 0.8005 in the high category and the control class was 0.1503 in the low category; 2) The effect of the ethnomathematics approach is 63.4%. Based on the results of the study it can be concluded that the ethnomathematics approach to the traditional crank game can improve the learning outcomes of second grade students in elementary schools. It is recommended for further researchers to analyze other abilities so that other ability indicators are identified. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Indonesia