DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BERBASIS PEMBIASAAN :Studi Kasus di SDN Sukarame 01 Kecamatan Caringin Kabupaten Garut
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Indonesia
Author
Tasripin, -
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2014-07-02 02:34:02 
Abstract :
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan di luar jam pelajaran biasa yang di lakukan di sekolah atau pun di luar sekolah dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan siswa, menyalurkan bakat dan minat serta melengkapi upaya pembinaan manusia seutuhnya. Kegiatan ekstrakurikuler memberikan sumbangan yang berarti bagi pembentukan dan pengembangan karakter siswa, karena nilai-nilai yang terkandung di dalam masing-masing kegiatan ekstrakurikuler mencerminkan nilai-nilai yang dapat mengembangkan karakter siswa. Oleh karena itu pentingnya pendidikan dan pembentukan karakter yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan yang melibatkan aspek ?knowledge, feeling, loving dan action?. Fokus penelitian ini mengajukan rumusan bagaimanakah pengembangan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler serta kendala dan upaya yang dilakukan sekolah dalam pengembangan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler berbasis pembiasaan di SDN Sukarame 01 Kecamatan Caringin Kabupaten Garut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan untuk menganalisis permasalahan menggunakan metode deskriptif analitis dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi literatur, sedangkan pengolahan dan analisis data menggunakan analis data dari Miles dan Huberman (1992: 16-18) yang meliputi langkah-langkah reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler berkontribusi positif terhadap pembentukan dan pengembangan karakter siswa, Penggunaan metode pembelajaran yang inovatif dapat memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan. Sedangkan kondisi yang dapat mengembangkan pembinaan ekstrakurikuler adalah perencanaan kegiatan yang matang, jadwal latihan yang teratur, manajemen sekolah yang tertata baik, animo siswa terhadap ekstrakurikuler tinggi, adanya kemauan dan kemampuan pembina dan pelatih, dukungan finansial memadai serta adanya dukungan orang tua siswa dan masyarakat. Adapun rekomendasi yang dapat penulis sampaikan bahwa pengembangan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler hendaknya melibatkan peran serta keluarga dan masyarakat serta menerapkan metode belajar yang inovatif dan menyenangkan yang melibatkan partisipasi aktif siswa dalam setiap kegiatan ekstrakurikuler. Ekstracurricular activities are activities outside of regular class hour which is undertaken at school or outside school with the aim to broaden students' knowledge, talents and interests as well as completing the construction effort of a whole person. Ekstracurricular activities contribute significantly to the formation and development of student character, because the values contained in each of the ekstracurricular activities reflect the values that can develop students' character. Because, the importance of education and character formation are performed in a systematic and sustainable which involves aspects of "knowledge, feeling, loving and action". The focus of this research propose the formulation of how the development of character education through extracurricular activities as well as the constraints and efforts made in the development of character at education school through extracurricular activities based habituation on the Elementary School Sukarame 01 Sub Caringin Garut regency. The approach used in this research is a qualitative approach. The method used to analyze the problem using an analytical descriptive method with case studies. The technique of collecting data by observation, interviews, documentation studies and literature studies, while processing and analyzing data using a data analyst from Miles and Huberman (1992: 16-18) which includes the steps of data reduction, display, and conclusion / verification. The results showed that the development of character education through extracurricular activities and contribute positively to the formation of student character development, use of innovative teaching methods that motivate students to actively participate in activities. While the condition can develop coaching extracurricular activities is a mature plan, schedule regular exercise, a well-organized management of schools, extracurricular interest of students to the high, the willingness and ability to mentor and coach, adequate financial support and the support of parents and the community. The recommendations can be the authors say that the development of character education through extracurricular activities should involve the participation of families and communities and implement innovative methods of learning and fun that involves active participation of students in any extracurricular activities. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Indonesia