DETAIL DOCUMENT
MODEL PANGAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DINA PANGAJARAN NULIS SURAT PRIBADI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Indonesia
Author
Risal Hengnurwida Herdiahmar, -
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-09-01 09:33:19 
Abstract :
Pembelajaran menulis di Sekolah Menengah Pertama merupakan salah satu bidang garapan pembelajaran Bahasa Sunda yang memegang peranan penting, karena terdapat dalam Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Pemilihan strategi dan pendekatan yang tepat dalam pembelajaran merupakan hal yang harus dipertimbangkan oleh guru. Dalam pembelajaran menulis termasuk menulis surat pribadi, tentunya siswa harus menulis sesuai dengan aspek-aspek yang ada pada pedoman penilaian menulis surat pribadi yang baik. Pada kenyataannya, masih banyak siswa yang salah dalam penulisan surat pribadi yang baik dan benar, sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis surat pribadi yang baik dan benar. Salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi siswa adalah dengan menggunakan modél pembelajaran sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Untuk itu, dilakukan penelitian yang berjudul ?Modél Pangajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Dina Pangajaran Nulis Surat Pribadi (Studi Kuasi Ekspérimén ka Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 3 Lémbang)? yang bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran CIRC dalam pembelajaran menulis surat pribadi siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Lembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuasi eksperimen yang tidak menggunakan kelas kontrol. Teknik yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Lembang yang berjumlah 31 orang yang terdiri dari 15 laki-laki dan 16 perempuan. Untuk mengetahui hasilnya, dilakukan analisis data dengan cara statistik parametrik, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji gain untuk uji hipotesis. Uji normalitas dilakukan untuk menentukan distribusi data normal atau tidak normal, yaitu data dianalisis untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari hasil pretest yaitu yang dianggap mampu menulis surat pribadi dengan baik ada 7 siswa (22,58 %), ke hasil posttest yang meningkat menjadi 29 siswa (93,55% ). Menurut hasil penghitung uji hipotesis, terbukti bahwa titung = 16,48 > ttabél = 2,457 yang artinya hipotesis diterima. Dengan demikian, penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran CIRC efektif dalam pembelajaran menulis surat pribadi siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Lembang. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Indonesia