DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN TEKNIK FORWARD CHAINING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MERAWAT DIRI MENGGUNAKAN PEMBALUT PADA ANAK DENGAN GANGGUAN SPEKTRUM AUTISME DI SEKOLAH KHUSUS KAK SETO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Indonesia
Author
Tri Lukianti Maulida, -
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-08-30 07:44:31 
Abstract :
Penelitian ini, dilatarbelakangi dengan penemuan hambatan pada salah satu anak dengan gangguan spektrum autisme di Sekolah Khusus Kak Seto yang sudah memasuki usia pubertas dan mengalami menstruasi, namun belum mampu merawat diri menggunakan pembalut. Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan merawat diri menggunakan pembalut dan secara khusus terhadap a) keterampilan menyiapkan celana dalam, b) keterampilan membuka bungkus pembalut, c) keterampilan menempelkan pembalut, dan d) keterampilan menggunakan celana dalam dengan menggunakan teknik forward chaining. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kuantitatif single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. Dilakukan sebanyak 12 sesi dengan fase baseline-1 3 sesi, fase Intervensi 6 sesi dengan 12 kali pertemuan dan fase baseline-2 3 sesi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan merawat diri menggunakan pembalut dan secara khusus terhadap peningkatan a) keterampilan menyiapkan celana dalam, b) keterampilan membuka bungkus pembalut, c) keterampilan menempelkan pembalut dan d) keterampilan menggunakan celana dalam dengan menggunakan teknik forward chaining pada subjek di Sekolah Khusus Kak Seto. Peningkatan keterampilan merawat diri menggunakan pembalut dilihat dari persentase mean level yang menunjukkan hasil yang meningkat. Hasil dari penelitian ini diharapkan agar subjek memiliki keterampilan merawat diri menggunakan pembalut. This research is motivated by the discovery of barriers to a child with autism spectrum disorder at the Kak Seto Special School who has entered puberty and is experiencing menstruation, but has not been able to take care of himself using pads. This study aims to determine the improvement of self-care skills using sanitary napkins and specifically to a) skills in preparing panties, b) skills in unwrapping sanitary napkins, c) skills in attaching sanitary napkins, and d) skills in using underwear using the forward chaining technique. This study uses a single subject research (SSR) quantitative approach with an A-B-A design. There were 12 sessions with the baseline-1 phase of 3 sessions, the Intervention phase of 6 sessions with 12 meetings and the baseline-2 phase of 3 sessions. Data collection techniques using performance tests. The results of the study showed that there was an increase in self-care skills using sanitary napkins and in particular an increase in a) skills in preparing panties, b) skills in unwrapping sanitary napkins, c) skills in attaching pads and d) skills in using underpants using the forward chaining technique on subjects at the Kak Seto Special School. The increase in self-care skills using pads can be seen from the mean level percentage which shows increased results. The results of this study are expected that the subjects have self-care skills using pads. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Indonesia