DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN METODE SIMULASI PADA MATA PELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BAYONGBONG GARUT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Indonesia
Author
Tjenikasari, -
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-08-30 09:07:02 
Abstract :
Penelitian yang berjudul ?Penerapan Metode Simulasi Pada Mata Pelajaran Seni Tari Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bayongbong Garut?, dipilih sebagai salah satu metode untuk memperbaiki program pembelajaran khususnya dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa, agar mampu berinteraksi sosial dengan lingkungan sosialnya melalui proses belajar mengajar mata pelajaran Seni Tari. Pembelajaran tersebut diharapkan dapat mengarahkan siswa untuk memiliki kemampuan bersosialisasi, aktif kerja sama, memiliki empati yang berdampak pada peningkatan kecerdasan interpersonal. Permasalahan-permasalahan penelitian dirumuskan sebagai berikut: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran seni tari melalui metode simulasi untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa, 2) Bagaimana hasil pembelajaran seni tari untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa (kecerdasan sosial, aktif kerja kelompok dan empati). Melalui metode Penelitian Tindakan Kelas, peneliti berusaha untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa dengan menggunakan metode simulasi dalam pembelajaran seni tari. Berdasarkan pengolahan dan analisis data terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi proses penelitian ini, maka diperoleh prosentase peningkatan kecerdasan interpersonal siswa dari siklus 1 sampai dengan 3 sebagai berikut: baik 56,1%, cukup 24,4% dan kurang 19,5%. Dari data hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode simulasi untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal memberikan dampak positif kepada siswa, yakni siswa dapat bekerja sama dengan siapapun yang menjadi teman kelompoknya, memacu siswa untuk aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar dan tumbuhnya rasa empati diantara siswa dalam kelompok kerja. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Indonesia