DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN HASIL PELATIHAN KOMPETENSI TUTOR DENGAN MUTU PEMBELAJARAN PROGRAM PAKET B DI PROVINSI GORONTALO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Indonesia
Author
Ishak, Nelwan
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2014-07-02 02:35:03 
Abstract :
Penelitian tentang hubungan hasil pelatihan kompetensi tutor dengan mutu pembelajaran program Paket B di Provinsi Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran empirik tentang hubungan hasil pelatihan kompetensi tutor dengan mutu pembelajaran program Paket B. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan yang signifikan antara hasil pelatihan antara penguasaan pengetahuan kompetensi tutor (kognitif), sikap kompetensi tutor (afektif), dan keterampilan kompetensi tutor (psikomotor) secara bersama-sama dengan mutu pembelajaran program Paket B. Landasan teori yang mendukung : 1) teori hasil belajar, out put dalam bentuk pengetahuan, sikap, dan keterampilan; 2) teori kompetensi; 3) teori mutu pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional, yakni untuk menentukan derajat hubungan antara variabel bebas (X) dengan variabel terikat (Y). Populasi penelitian adalah seluruh tutor yang telah mengikuti pelatihan kompetensi tutor Paket B di BPKB Provinsi Gorontalo tahun 2010, sejumlah 30 orang responden (sampel total). Dari hasil analisis ditemukan bahwa persamaan regresi antara mutu pembelajaran dengan pengetahuan kompetensi tutor adalah Y = 77,831 + 2,793 X1, terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan kompetensi tutor dengan mutu pembelajaran sebesar r = 0,88 tergolong sangat kuat dengan faktor penentu 77%. Persamaan regresi antara mutu pembelajaran dengan sikap kompetensi tutor Y = 11,421 + 0,944 X2, terdapat hubungan yang signifikan antara sikap kompetensi tutor dengan mutu pembelajaran sebesar r = 0,98 tergolong sangat kuat dengan faktor penentu 96%. sementara persamaan regresi antara mutu pembelajaran dengan keterampilan kompetensi tutor Y = 47,009 + 0,677 X3, terdapat hubungan yang signifikan antara hasil keterampilan kompetensi tutor dengan mutu pembelajaran sebesar r = 0,74 tergolong kuat dengan faktor penentu 55%. Begitupun persamaan regresi antara mutu pembelajaran dengan pengetahuan kompetensi tutor, sikap kompetensi tutor, dan keterampilan kompetensi tutor 45,070 + 1,713X1 + 0,301X2 + 0,123X3. Selain itu terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan kompetensi tutor, sikap kompetensi tutor, dan keterampilan kompetensi tutor secara bersama-sama dengan mutu pembelajaran sebesar R = 0,66 tegolong kuat dengan faktor penentu 44 %. Dengan hasil penelitian ini menunjukan pengetahuan kompetensi tutor, sikap kompetensi tutor, dan keterampilan kompetensi tutor mempunyai kontribusi yang kuat terhadap peningkatan mutu pembelajaran Paket B, sehingga hipotesis yang diajukan semuanya diterima. Namun demikian masih banyak faktor-faktor lain yang mempengaruhi mutu pembelajaran yang tidak diungkap pada penelitian ini, sehingga terbuka bagi peniliti lain mengungkapkanya. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Indonesia