DETAIL DOCUMENT
THE EFFECTIVENESS OF PEER REVIEWING IN IMPROVING STUDENTS’ NARRATIVE WRITING ABILITY: A Quasi Experimental study in one of Junior High Schools in Bandung A Research Paper
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Indonesia
Author
Tenny Hermawaty, -
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-08-31 02:51:37 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah teknik peer reviewing efektif atau tidak dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks naratif. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penerapan teknik peer reviewing. Untuk mencapai tujuan penelitian, digunakan metode kuasi eksperimental. Peneliti mengambil dua kelas dari kelas 9 di salah satu sekolah menengah di Bandung.Setelah mengadakan beberapa kali perlakuan, data dari kedua kelompok dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 17.0. Hasilnya menunjukan bahwa teknik peer reviewing efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks naratif. Hal ini juga diperkuat oleh hasil perhitungan efek size. Nilai dari r adalah 0.9308, nilai itu lebih dari 0.0371. Teknik peer reviewing memiliki efek yang besar dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks naratif. Dari hasil kuesioner, kebanyakan siswa setuju terhadap penerapan teknik peer reviewing. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Indonesia