DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Indonesia
Author
Shafwatull Rif'at Anam, -
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-08-30 08:56:35 
Abstract :
Salah satu penyebab kesulitan siswa dalam menguasai pelajaran Fisika adalah konsep yang dipelajari siswa terasa abstrak dan tidak berhubungan dengan kehidupan mereka sehari-hari, sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah, oleh karena itu diperlukan pendekatan yang mengkaitkan antara materi yang dipelajari dengan kehidupan siswa dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa yang salah satunya solusinya adalah dengan pendekatan kontekstual, pendekatan kontekstual merupakan strategi yang melibatkan siswa secara penuh dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk mengetahui efektivitas pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotor dalam pokok bahasan Getaran dan Gelombang, dengan indikasi meningkatnya hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri di kabupaten Bandung semester genap tahun pelajaran 2007/2008 dengan sampel sebanyak 35 siswa. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, pendekatan kontekstual cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Indonesia