DETAIL DOCUMENT
PANGARUH MAKÉNA BASA INDUNG DI LINGKUNGAN KULAWARGA KANA PRESTASI DIAJAR NYARITA BASA SUNDA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 3 BANDUNG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Indonesia
Author
Fuji Arti Nugraha, -
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-08-30 09:07:25 
Abstract :
Skripsi ini berjudul ?Pangaruh Makéna Basa Indung Di Lingkungan Kulawarga kana Préstasi Diajar Nyarita Basa Sunda Siswa Kelas XI SMA Pasundan 3 Bandung?. Penelitian ini berpangkal pada masalah pokok yaitu apakah terdapat hubungan yang positif antara bahasa yang digunakan di lingkungan keluarga dengan prestasi belajar berbicara bahasa Sunda siswa kelas XI SMA Pasundan 3 Bandung. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tiga permasalahan yakni: 1) bahasa yang digunakan di lingkungan keluarga, 2) prestasi belajar berbicara siswa, dan 3) korelasi antara bahasa ibu yang digunakan di lingkungan keluarga dengan prestasi belajar berbicara. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif korelasional dengan tehnik angket dan tes berbicara. Tehnik angket digunakan untuk pencarian data bahasa yang digunakan di lingkungan keluarga siswa SMA Pasundan 3 Bandung, dan tehnik tes berbicara digunakan untuk pencarian data prestasi balajar berbicara siswa SMA Pasundan 3 Bandung. Hipotesis penelitian adalah adanya hubungan yang positif dan signifikan antara pemakaian bahasa ibu di lingkungan keluarga pada prestasi belajar berbicara bahasa Sunda. Berdasarkan uji hipotesis, pengaruh pemakaian bahasa ibu di lingkungan keluarga pada prestasi belajar berbicara bahasa Sunda bisa dibuktikan, H0 ditolak dan Hi diterima, yakni ada hubungan yang signifikan antara bahasa ibu yang digunakan di lingkungan keluarga pada prestasi belajar berbicara bahasa Sunda siswa SMA Pasundan 3 Bandung. Hasil analisis data menunjukan bahwa bahasa yang digunakan di lingkungan keluarga siswa SMA Pasundan 3 Bandung adalah sebagian besar menggunakan bahasa Sunda. Sedangkan prestasi belajar berbicara bahasa Sunda siswa SMA Pasundan 3 Bandung adalah cukup (67.5%), serta korelasi yang signifikan antara bahasa yang digunakan di lingkungan keluarga dengan prestasi belajar berbicara siswa SMA Pasundan 3 Bandung. Hal ini ditunjukkan dengan nilai yang selalu lebih besar pada setiap variabel dibandingkan dengan dari tabel. Maka dapat disimpulkan bahwa bahasa yang digunakan di lingkungan keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar berbicara siswa kelas XI SMA Pasundan 3 Bandung. 1) Penyusunan skripsi ini dibawah bimbingan Drs. Usep Kuswari M.Pd. dan Drs. H. O. Solehudin M.Pd. 2) Mahasiswa Pendidikan Bahasa Daerah FPBS UPI Bandung 
Institution Info

Universitas Pendidikan Indonesia