DETAIL DOCUMENT
MODÉL PANGAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DINA PANGAJARAN NULIS SAJAK : Studi Kuasi Ékspérimén ka Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Cugenang Kabupatén Cianjur Taun Ajaran 2011/2012
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Indonesia
Author
Siti Maryam Maulida, -
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-08-30 08:59:38 
Abstract :
Skripsi ini berjudul ?MODÉL PANGAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DINA PANGAJARAN NULIS SAJAK (Studi Kuasi Ékspérimén ka Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Cugenang Kabupatén Cianjur Taun Ajaran 2011/2012 )?. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya model pembelajaran di dalam kegiatan belajar mengajar, pentingnya kegiatan menulis di dalam pembelajaran bahasa dan kesulitan yang dihadapi siswa di dalam menulis sajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Examples Non Examples di dalam pembelajaran menulis sajak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Model yang diujicobakan yaitu dengan menerapkan modél Examples Non Example pada pembelajaran Menulis Sajak. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3 Cugenang kelas VII A yang berjumlah 31 orang yang terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 Cugenang Kabupatén Cianjur Taun Ajaran 2011/2012, sedangkan yang menjadi sampelnya adalah siswa kelas VII A SMPN 3 Cugenang Kabupatén Cianjur Taun Ajaran 2011/2012. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Adapun instrumen yang digunakan yaitu lembar tes. Pelaksanaan tindakan yang dilakukan telah mengatasi masalah dalam penelitian yaitu mengetahui efektivitas model pembelajaran Examples Non Examples dalam pembelajaran menulis sajak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) adanya perbedaan kemampuan siswa dalam menulis sajak antara prates dan pascates, hasil tes awal diperoleh rata-rata kelas yaitu 74,19 dan pada tes akhir setelah adanya pembelajaran menggunakan model Examples Non Examples mengalami peningkatan menjadi 86,19. (2) peningkatan dari hasil uji gain menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan sebelum dengan kemampuan sesudah menggunakan model Examples Non Examples, yaitu meningkat dari 74,19 menjadi 86, 19 dengan beda 12. (3) dari hasil uji hipotesis diperoleh titung (10,61) > ttabél (2,46), hal ini menyatakan bahwa hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Dengan demikian, model pembelajaran Examples Non Examples efektif digunakan di dalam pembelajaran menulis sajak. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Indonesia