DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN SKENARIO BARU ASESMEN KINERJA DALAM MENILAI KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA PEMBELAJARAN KONSEP PELESTARIAN EKOSISTEM
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Indonesia
Author
Abdul Aziz Rahman, -
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-08-31 16:24:52 
Abstract :
Penelitian ini berjudul ?Penggunaan skenario baru asesmen kinerja dalam menilai kemampuan literasi sains pada pembelajaran konsep pelestarian ekosistem?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan, kemampuan literasi sains yang dapat dinilai, tanggapan siswa dan guru, serta kendala dan keterbatasan yang ditemukan pada skenario baru asesmen kinerja dalam menilai kemampuan literasi sains pada pembelajaran konsep pelestarian ekosistem. Hasil penelitian dijaring melalui sejumlah instrumen, diantaranya berupa lembar observasi, task, angket siswa, format wawancara guru dan catatan lapangan. Peneliti berperan sebagai guru model. Kegiatan penelitian dibagi menjadi tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Tahap persiapan meliputi tahap penyusunan rubrik dan task. Tahap pelaksanaan merupakan proses penilaian kinerja setiap dimensi kemampuan literasi sains pada saat diskusi kelompok menggunakan rubrik dan task yang disusun pada tahap persiapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan skenario baru asesmen kinerja berjalan dengan baik. Kemampuan literasi sains dapat dinilai dengan skenario baru asesmen kinerja. Siswa dan guru memberikan tanggapan positif terhadap skenario baru asesmen kinerja. Kendala utama yang ditemukan adalah pemilihan indikator esensial kinerja siswa pada setiap dimensi kemampuan literasi sains. Keterbatasan skenario asesmen kinerja ini adalah skoring pada saat penilaian sangat subjektif. Kesimpulan yang dapat diambil adalah skenario baru asesmen kinerja dapat digunakan dalam menilai kemampuan literasi sains pada pembelajaran konsep pelestarian ekosistem. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Indonesia