DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMUNCULAN ASPEK-ASPEK INKUIRI DALAM KEGIATAN PRAKTIKUM BIOLOGI (Penelitian terhadap Proses Pembelajaran Siswa Sekolah Menengah Pertama di Lembang Tahun Ajaran 2008)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Indonesia
Author
Ratna Syabaniah Wulansari, -
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-08-30 08:57:02 
Abstract :
Skripsi yang berjudul Analisis Kemunculan Aspek-aspek Inkuiri dalam Kegiatan Praktikum Biologi, dilatar belakangi dari pentingnya inkuiri di dalam mempelajari sains dan praktikum membantu dalam merealisasikannya serta sedikitnya penelitian mengenai proses pembelajaran. Bertujuan untuk memberikan gambaran kemunculan aspek inkuiri dalam praktikum. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa di SMP Negeri 1 Lembang karena yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran. Metode yang dipergunakan adalah metode deskriptif. Data dijaring dengan mempergunakan video kamera yang ditransfer dalam bentuk Mpg. Analisis dilakukan dengan mempergunakan software khusus untuk menganalisis video yang disebut ?Videograph?. Berdasarkan analisis dan pengolahan data terungkap bahwa ada empat aspek inkuiri yang muncul dengan rata-rata waktu yang paling lama, yaitu mendesain dan melaksanakan suatu investigasi ilmiah (DNP), menggunakan alat dan teknik yang tepat untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data (ANT), mengenal dan menganalisis alternatif penjelasan dan prediksi (ALT), dan mengungkapkan prosedur dan penjelasan ilmiah (KOM). Kemunculan aspek inkuiri selama pembelajaran dapat terjadi secara bersamaan antara satu aspek dengan aspek lainnya. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berkaitan terhadap kemunculan aspek inkuiri. Materi yang menampilkan sebuah fenomena secara konkrit sehingga bisa diobservasi, adanya sebuah hubungan sebab akibat, dan merupakan materi kontekstual membantu kemunculan aspek inkuiri yang lebih beragam, contohnya materi interaksi antara komponen abiotik dan biotik. Kemunculan aspek inkuiri dalam suatu pembelajaran secara tidak langsung menggambarkan kemampuan proses dari siswanya. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Indonesia