DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY) MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNOLOGI AGROINDUSTRI ANGKATAN 2019 PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI PATI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Indonesia
Author
Dina Nur Afrilia, -
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-08-30 08:17:13 
Abstract :
Self-efficacy adalah keyakinan orang tentang kemampuan mereka untuk menghasilkan tingkat kinerja yang mempunyai pengaruh atas peristiwa yang mempengaruhi kehidupan mereka. Pembelajaran yang dilaksanakan secara daring menuntut mahasiswa untuk memiliki self- efficacy agar dapat tetap mengikuti pembelajaran dengan penuh tanggung jawab meskipun tidak secara langsung bertatap muka dengan dosen di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap self efficacy mahasiswa prodi PTAg; (2) Mengetahui tingkat self efficacy mahasiswa prodi PTAg. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan instrumen berupa kuisioner. Sampel yang digunakan yaitu mahasiswa prodi PTAg angkatan 2019 yang sudah mengontrak mata kuliah teknologi pati sebanyak 62 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran daring memiliki pengaruh positif sebesar 52,5% terhadap self-efficacy. Selanjutnya, tingkat self efficacy mahasiswa prodi PTAg pada mata kuliah teknologi pati secara daring berada pada kategori sedang. Self efficacy berhubungan dengan keberhasilan pembelajaran. Selain itu, peran dosen dalam menciptakan pembelajaran yang menarik secara daring dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar yang pada akhirnya meningkatkan self-efficacy. Self-efficacy is people's beliefs about their ability to perform that has an influence over events that affect their lives. Online learning requires students to have self-efficacy in order to attend learning courses although they are not seeing the teacher in class. This study aims to (1) investigate the effect of online learning on the self-efficacy of Agroindustry education technology?s students; (2) determine the level of self-efficacy of Agroindustry education technology?s students. This is a quantitative descriptive research using questionnaires as the instruments. The samples used are 62 student Agroindustry education technology?s students class 2019 who have enrolled starch technology courses. The results showed that online learning positively affected 52.7% on the students? self-efficacy. Moreover the level of self-efficacy of students in the online starch technology was moderate. Self-efficacy is related to successful learning. In addition, the role of lecturers in creating interesting learning online can increase student motivation in learning which ultimately increases self-efficacy. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Indonesia