DETAIL DOCUMENT
PENGARUH TUGAS TERSTRUKTUR DAN BELAJAR MANDIRI TERHADAP PENGUASAAN MATA KULIAH STRUKTUR BETON I PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL FPTK-UPI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Indonesia
Author
Sutiyanti, -
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-08-30 09:04:00 
Abstract :
Penguasaan belajar siswa terbentuk dari proses belajar. Proses belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik yang bersifat internal maupun eksternal. Berdasarkan hal tersebut maka diadakan penelitian tentang faktor?faktor penentu tingkat pengusaan belajar mahasiswa yaitu metode belajar (pemberian tugas terstruktur) dan kebiasaan belajar (kegiatan belajar mandiri). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dan seberapa besar pengaruh tugas terstruktur dan belajar mandiri terhadap penguasaan mata kuliah Struktur Beton I pada mahasiswa JPTS FPTK-UPI. Metode yang digunakan dalam penilitian ini adalah metode deskriptif infrensial. Data penelitian untuk variabel X1 didapat melalui tes objektif ,variabel X2 menggunakan angket, dan untuk variabel Y didapatkan dari dokumentasi nilai. Dari hasil analisis, besarnya kenaikan tugas terstruktur dan belajar mandiri menyebabkan kenaikan nilai penguasaan mata kuliah Struktur Beton I. hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi.Pada penelitian ini diketahui bahwa nilai korelasi menunjukan hubungan yang kuat antara variabel X1, X2 terhadap variabel Y dengan kontribusi sebesar 26,77% , berarti sebanyak 73,23% penguasaan mata kuliah Struktur Beton I dipengaruhi faktor lain.Hasilnya diperoleh hipotesis yang menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ?Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari tugas terstruktur dan belajar mandiri terhadap penguasaan mata kuliah Struktur Beton I pada mahasiswa JPTS FPTK- UPI?. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Indonesia