DETAIL DOCUMENT
PROSES PEMBELAJARAN SAXOPHONE MELALUI METODE YAMAHA POPULAR MUSIC COURSE (PMC) PADA KELAS REMAJA DI BRAGA MUSIC SCHOOL BANDUNG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Indonesia
Author
Mamay Ramdania, -
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-08-31 02:59:03 
Abstract :
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di sekolah sebagian besar tidak sesuai dengan yang diharapkan, yakni tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah penggunaan metode pembelajaran yang digunakan. Dalam kenyataannya siswa sering dihadapkan dengan suasana pembelajaran yang membosankan sehingga menurunkan motivasi siswa dalam belajar, termasuk pada pembelajaran instrumen musik. Untuk mempermudah mencapai tujuan pembelajaran tersebut diperlukan metode yang tepat, yang dapat memotivasi siswa dalam menerima materi pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti mencoba mendeskripsikan proses pembelajaran saxophone melalui metode Yamaha Popular Music Course, yakni suatu metode pembelajaran musik yang proses pembelajarannya menggunakan iringan midi (iringan musik). Metode Yamaha Popular Music Course diterapkan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, sehingga siswa tidak jenuh dalam proses belajar mengajar. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan paradigma kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumentasi. Data-data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dan dideskripsikan secara secara kualitatif dalam penarikan kesimpulan. Berdasarkan pembahasan yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode Yamaha Popular Music Course dalam pembelajaran saxophone dapat mempermudah siswa dalam menerima materi pelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dengan keberhasilan siswa dalam menguasai materi pembelajaran saxophone tentang teknik Fingering Training (teknik penjarian) dan membaca notasi yang dilakukan dengan tes oleh guru. Data tersebut diperkuat dengan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru dan murid yang memberikan jawaban baik dan memuaskan. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Indonesia