DETAIL DOCUMENT
PENARUH METODE REWARD (HADIAH) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB (STUDY EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS VII MTS NURUL IKLAS TASIKMALAYA)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Indonesia
Author
Rosma Yuliastuti, -
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-08-30 09:05:24 
Abstract :
Penelitian ini berjudul ?Pengaruh Metode Reward (Hadiah) Terhadap Hasil Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab? (Studi Eksperimen terhadap Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Ikhlas Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2008-2009). Keberhasilan belajar dalam pendidikan formal di sekolah-sekolah dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti guru, siswa, fasilitas belajar, lingkungan, metode yang diajarkan dan lain-lain. Penggunaan metode pangajaran merupakan suatu unsur yang dinamis dan fleksibel, ini juga berakibat kepada keberhasilan pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dipandang perlu adanya perubahan dalam proses pembelajaran. Melalui penelitian ini penulis tertarik untuk mencoba menerapkan pembelajaran dengan menggunakan metode reward (hadiah). Reward (hadiah) lebih berpengaruh terhadap pendidikan anak dari pada pemberian sanksi atau hukuman. Sanjungan atau pujian guru dapat mendorong siswa untuk meraih keberhasilan dan prestasi yang lebih baik dan memotivasinya untuk berupaya serta berkompetisi secara sehat diantara sesama siswa. Dalam penelitian ini guru berperan sebagai motivator yang memberikan imbalan atau hadiah kepada siswa yang berprestasi atau siswa yang menjawab pertanyaan guru dengan baik dan benar. Menurut Syaodih (4 : 2008) salah satu dampak positif reward diantaranya : a. Menimbulkan antusiasme semangat untuk terus melakukan pekerjaan b. Anak akan menghargai orang lain c. Anak akan lebih percaya diri Oleh karena itu, maka penulis mencoba untuk melakukan penelitian mengenai: 1) Bagaimana kondisi awal prestasi siswa sebelum digunakan metode reward? 2) adakah pengaruh penggunaan metode reward (hadiah) terhadap prestasi siswa? Berdasarkan hal tersebut, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan True Experimental Design. Data yang diperoleh terdiri dari data kualitatif(observasi) dan kuantitatif(hasil pre-posttes).Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Nurul Ikhlas Tasikmalaya tahun ajaran 2008/2009. Dari penelitian yang telah dilakukan, ada perbedaan antara siswa yang belajar dengan menggunakan metode reward dengan siswa yang tidak menggunakan metode reward (hadiah). Ini dibuktikan dengan data yang diperoleh yaitu: rata-rata kelompok eksperimen pretest = 6,22 dan kelas eksperimen postest = 10,31. Adapun rata-rata kelas kontrol pretest = 8,63 dan kelas kontrol postest = 8,77. Dan hasil hipotesis menunjukan bahwa adanya peningkatan yang cukup signifikan yang terjadi pada kelompok eksperimen yang menggunakan metode reward, dibandingkan kelompok kontrol yang tidak menggunakan metode reward 
Institution Info

Universitas Pendidikan Indonesia