DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM KOMPONEN PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER MODERAT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Indonesia
Author
Mulky Munawar, -
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2024-07-30 07:52:21 
Abstract :
Perilaku ekstrem dalam beragama yang kerap terjadi di lingkungan persekolahan di Indonesia mengundang perhatian para peneliti untuk melakukan kajian terhadap implementasi pembelajaran PAI di sekolah. Hal ini mengingat PAI berkedudukan sebagai salah satu variabel pembentukan karakter di Indonesia. Sekaitan dengan hal itu, sejumlah penelitian terdahulu menunjukkan belum adanya penelitian yang mampu menampilkan potret implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam komponen-komponen utama pembelajaran PAI. Oleh karenanya, penelitian ini berupaya untuk memotret implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam tiga komponen pokok pembelajran, yakni meliputi komponen materi, metode dan media, serta evaluasi pembelajaran. Pendekatan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi yang digali dengan teknik studi dokumentasi. Kemudian data dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan inferensi. Penelitian ini menemukan tiga hal esensial. Pertama, nilai-nilai moderasi beragama dalam komponen pembelajaran PAI di jenjang SMP sebagian besar telah terimplementasikan, namun sebarannya belum merata. Kedua, penggunaan metode dan media pembelajaran dalam bahan ajar berupa buku panduan guru PAI di jenjang SMP sifatnya hanya sebagai opsi dan alternatif yang dapat diimplementasikan oleh guru PAI dalam kegiatan pembelajaran PAI di sekolah. Ketiga, ragam instrumen yang tersedia dalam buku panduan guru serta buku teks siswa mata pelajaran PAI jenjang SMP telah mampu mengukur tingkat implementasi nilai-nilai moderasi beragama. Extreme religious behavior that often occurs in school environments in Indonesia has attracted the attention of researchers to conduct studies on the implementation of PAI learning in schools. This is because PAI is positioned as one of the character formation variables in Indonesia. In this regard, a number of previous studies show that there is no research that is able to present a portrait of the implementation of religious moderation values in the main components of PAI learning. Therefore, this research attempts to describe the implementation of religious moderation values in the three main components of learning, namely the material, method and media components, as well as learning evaluation. The approach and method used in this research is a qualitative approach with content analysis methods explored using documentation study techniques. Then the data was analyzed through three stages, namely data reduction, data presentation, and inference. This research found three essential things. First, the values of religious moderation in the PAI learning component at junior high school level have largely been implemented, but their distribution is not evenly distributed. Second, the use of learning methods and media in teaching materials in the form of PAI teacher guidebooks at the junior high school level is only an option and alternative that can be implemented by PAI teachers in PAI learning activities at school. Third, the various instruments available in teacher manuals and student textbooks for PAI subjects at junior high school level have been able to measure the level of implementation of religious moderation values. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Indonesia