DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI E-FRACTIONS SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN PADA FASE A SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Indonesia
Author
Engga Mulyana, -
Subject
LB1501 Primary Education 
Datestamp
2024-07-30 04:57:57 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep peserta didik terhadap materi pecahan pada fase A. Terbukti dari nilai hasil tes mereka yang masih rendah, hal ini dikarenakan kurangnya penggunaan media atau alat peraga yang tepat dalam pembelajaran. Sehingga berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti bertujuan untuk mengembangkan media aplikasi E-Fractions untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa fase A Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design and Development (D&D) dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, soal evaluasi, dan wawancara. Subjek dari penelitian ini adalah siswa fase A kelas II Sekolah Dasar, yang berjumlah 22 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti dalam mengolah data adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Media ini disusun sesuai dengan karakteristik peserta didik sekolah dasar, diawali dengan tahap concrete, pictorial, dan abstract (CPA). Hasil pengembangan menunjukkan bahwa media aplikasi E-Fractions sangat baik untuk diimplementasikan, dengan berada pada kriteria sangat baik dari ahli media, ahli materi dan praktisi pembelajaran. Selain itu, terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep pecahan peserta didik berada pada kategori tinggi. Simpulan pada penelitian ini adalah media aplikasi E-Fractions sangat layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pecahan pada fase A Sekolah Dasar. This study was motivated by the low ability of students' concept understanding of fraction material in phase A. Evidenced by their low test scores, this is due to the lack of use of appropriate media or props in learning. So based on this background, the researcher aims to develop E-Fractions application media to improve understanding of fraction concepts in phase A elementary school students. The method used in this research is Design and Development (D&D) with the ADDIE model (analysis, design, development, implementation, and evaluation). The data collection techniques used were questionnaires, evaluation questions, and interviews. The subjects of this study were phase A students of class II of elementary school, totaling 22 students. The data analysis technique used by researchers in processing data is qualitative data analysis and quantitative data analysis. This media is prepared according to the characteristics of elementary school students, starting with the concrete, pictorial, and abstract (CPA) stages. The development results show that the E-Fractions application media is very good to be implemented, with excellent criteria from media experts, material experts and learning practitioners. In addition, there is an increase in the ability to understand the concept of fractions of students in the high category. The conclusion of this research is that the E-Fractions application media is very feasible to be implemented in learning and effective in improving the ability to understand the concept of fractions in phase A of elementary school. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Indonesia