Abstract :
Penelitian ini mengkaji kontribusi hasil belajar perawatan kulit wajah menua terhadap minat menjadi beauty therapist. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitik, dengan alat pengumpulan data berupa tes hasil belajar perawatan kulit wajah menua dan angket minat menjadi beauty therapist. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta diklat Program Keahlian Tata Kecantikan Kulit tingkat II SMK Negeri 9 Bandung dengan menggunakan sampel total, berjumlah 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar perawatan kulit wajah menua pada kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor, umumnya berada pada kategori tinggi, serta memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap minat menjadi beauty therapist. Temuan penelitian ini mengandung implikasi bahwa peserta diklat sudah menguasai pengetahuan, sikap dan keterampilan perawatan kulit wajah menua dan memberikan kontribusi untuk menyalurkan minat menjadi beauty therapist. Rekomendasi dalam penelitian ini ditujukan kepada peserta diklat agar dijadikan motivasi untuk mempertahankan dan lebih mengembangkan serta memperluas wawasan tentang perawatan kulit wajah menua, sehingga dapat meningkatkan minat menjadi beauty therapist.