DETAIL DOCUMENT
PEMBELAJARAN TARI MELALUI IDE-IDE ALAM UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN IMAJINASI SISWA KELAS VA DI SEKOLAH ALAM BANDUNG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Indonesia
Author
Revi Restiani Janwar, -
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-09-01 09:25:57 
Abstract :
Bagaimanakah cara memanfaatkan lingkungan sekitar untuk dijadikan sebagai sumber atau bahan ajar khususnya dalam pelajaran tari, bagaimanakah alam sekitar dapat menjadi sumber visual dalam membuat sebuah gerakan sederhana, inilah permasalahan yang perlu didapatkan jawabannya. Dalam penelitian yang berjudul Pembelajaran Tari Melalui Ide-ide Alam Untuk Menumbuhkan Kemampuan Imajinasi Siswa Kelas VA Di Sekolah Alam Bandung, akan menjawab pertanyaan tersebut. Permasalahan pada penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Bagaimana ide-ide alam yang digunakan dalam proses pembelajaran tari pada siswa kelas VA di Sekolah Alam Bandung 2) Bagaimana proses pembelajaran tari melalui ide-ide alam pada siswa kelas VA di sekolah alam Bandung 3) Bagaimana hasil yang diperoleh dari pembelajaran tari melalui ide-ide alam terhadap pertumbuhan imajinasi siswa kelas VA di Sekolah Alam Bandung. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut : 1) Untuk mendeskripsikan ide-ide alam yangdigunakan dalam pembelajaran tari pada siswa kelas VA di Sekolah Alam Bandung 2) untuk mendeskripsikan proses pembelajaran seni tari melalui ide-ide alam pada siswa kelas VA di Sekolah Alam Bandung 3) untuk memperoleh data mengenai hasil pembelajaran tari melalui ide-ide alam terhadap pertumbuhan imajinasi siswa kelas VA di Sekolah Berbasis Alam Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menguji sejauh mana pertumbuhan imajinasi siswa kelas VA di Sekolah Alam Bandung setelah mengalami pembelajaran tari melalui ide-ide alam. Hasil penelitian yang diperoleh adalah : 1) ide-ide alam yang digunakan meliputi sikap dan gerak hewan, tumbuhan, peristiwa alamiah dan perilaku manusia 2) proses pembelajaran tari melalui ide-ide alam dapat terlaksana dengan baik, hal ini didukung oleh karakteristik siswa yang aktif dan kreatif serta faktor lingkungan yang sangat mendukung proses pembelajaran 3) pembelajaran tari melalui ide-ide alam membawa pengaruh bagi pertumbuhan imajinasi siswa kelas VA di Sekolah Alam Bandung ditunjukan dari hasil uji t, diperoleh hasil bahwa t hitung = 10,57 > t tabel = 3,11 3) pembelajaran tari melalui ide-ide alam memiliki efektivitas yang baik bagi pertumbuhan imajinasi siswa kelas VA di Sekolah Alam Bandung, hal ini dibuktikan dengan hasil uji validitas menggunakan rumus product moment diperoleh hasil 0,80 < r_({10;xy {11;^( ) )? 1,00, di mana r_({10;xy {11;^( ) )= 1,00000022 (1,00) yang berarti : sangat tinggi, hal ini membuktikan bahwa tingkat efektivitas pembelajaran tari melalui ide-ide alam terhadap pertumbuhan imajinasi siswa sangat tinggi. Dengan demikian berarti kesimpulan dari penelitian ini adalah h(a) diterima, yaitu terdapat pengaruh pembelajaran tari melalui ide-ide alam terhadap pertumbuhan imajinasi siswa kelas VA di Sekolah Alam Bandung diterima. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Indonesia