DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK MATA PELAJARAN IPA PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA UNTUK HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN KALISALAM I KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN 2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Panca Marga
Author
ARYANI,
Subject
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Datestamp
2020-11-06 03:41:10 
Abstract :
Melalui media Pembelajaran Tematik (Audio-Visual) pada mata pelajaran IPA siswa kelas VI SDN Kalisalam I diajak untuk belajar menggunakan media pembelajaran tematik (audio- visual) yang berbentuk video pembelajaran didalam kelas, siswa Kelas IV disini mengamati dan mendengarkan video pembelajaran yang terdapat pada media yang telah kembangkan, sehingga mereka aktif dan sangat antusias selama kegiatan proses belajar dan pembelajaran sedang berlangsung dengan demikian mereka akan termotivasi dan minat terhadap pembelajaran sehingga hasil belajarnya meningkat. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Pengembangan Media Pembelajaran Tematik (audio-visual) yang berbentuk video Pada Mata Pelajaran IPA Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya (Kelas VI SDN Kalisalam I Kab. Probolinggo Tahun Pelajaran 2019-2020) yang memiliki tingkat kevalidan, keterterapan dan keterbacaan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengam menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan yang saling berkaitan, yakni Analysis (analisis), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (uji coba/penerapan), Evaluation (perbaikan). Data yang dianalisis diperoleh dengan cara memberikan angket kepada para ahli validasi dan angket uji coba pada guru dan siswa. Sesuai dengan indikator (1) hasil analisis kevalidan, (2) uji coba keterterapan, (3) uji coba keterbacaan guru dan siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa produk Pengembangan media pembelajaran tematik (audio-visual) pada mata pelajaran IPA materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Kelas VI SDN Kalisalam I sudah mempunyai tingkat kevalidan dengan skor 4,225 dikategorikan valid, keterterapan dengan skor rata-rata 4,65 kategori sesuai, dan keterbacaan dengan skor rata-rata 4,35 dikategorikan sesuai. Dari hasil jumlah skor rata-rata tersebut, maka dapat dikatakan bahwa media pembelajaran tematik (audio-visual) yang berbentuk video ini sudah layak untuk digunakan karena hanya memerlukan revisi kecil. 
Institution Info

Universitas Panca Marga