DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY (Studi pada Siswa Kelas V Di SDN Brumbungan Lor)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Panca Marga
Author
ISTIFAROH, AZMAUL
Subject
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Datestamp
2020-11-06 04:11:10 
Abstract :
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Brumbungan Lor kabupaten Probolinggo yang terdiri dari 17 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 8 siswa dan siswi perempuan berjumlah 9 siswi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus adapun tahapan dalam melakukan penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray. Data yang diperoleh pada penelitian yaitu prestasi belajar kognitif, afektif, dan prikomotor siswa setelah diterapkan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray. meningkat yaitu dapat dilihat dari hasil bahwa hasil observasi menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran cooperative tipe two stay two stray pada siklus I dan siklus II dapat meningkatkan ranah kognitif, afektif dan psikomotor siswa. Pada nilai kognitif siswa yang mencapai KKM 65 terdapat 9 siswa (53%) mengalami peningkatan pada siklus 1 siswa yang mencapai KKM terdapat 14 siswa (82%) dan pada siklus ke 2. Prestasi belajar ranah afektif, terdapat 1 siswa (6%) mendapat skor sangat baik, 12 siswa (70%) mendapat skor baik, 3 siswa (18%) mendapat skor cukup baik dan 1 siswa (6%) mendapat skor kurang baik pada siklus 1, dapat terlihat pada capaian persentase yang meningkat pada siklus 2 menjadi 2 siswa (12%) mendapat skor sangat baik, 12 siswa (70%) mendapat skor baik, 2 siswa (12%) mendapat skor cukup baik dan 1 siswa (6%). Dari siklus 1 ke siklus ke 2 juga mengalami peningkatan yaitu seluruh siswa mendapat skor afektif dengan kriteria sangat baik dan kriteria baik. Sedangkan pada psikomotor, terdapat terdapat 11 siswa (65%) mendapat skor sangat baik, 6 siswa (35%) mendapat skor baik, tidak ada siswa yang mendapat skor cukup baik dan skor kurang baik pada siklus 1. Peningkatan hasil belajra psikomotor meningkat dapat terlihat pada capaian persentase yang meningkat pada siklus 2 menjadi 12 siswa (70%) mendapat skor sangat baik, 5 siswa (30%) mendapat skor baik, tidak ada siswa yang mendapat skor cukup baik dan skor kurang baik . Dari siklus 1 ke siklus ke 2 juga mengalami peningkatan yaitu seluruh siswa mendapat skor psikomotors dengan kriteria sangat baik dan kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN Brumbungan Lor kabupaten Probolinggo. 
Institution Info

Universitas Panca Marga