DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA MENGGUNAKAN STRATEGI CARD SORT (Siswa Kelas III SDN Asembakor I Kabupaten Probolinggo
Total View This Week0
Institusion
Universitas Panca Marga
Author
KHOIRUMAH, CAHYA ARIEF
Subject
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Datestamp
2020-11-09 05:58:10 
Abstract :
Pembelajaran yang dilaksanakan di SDN Asembakor I Kabupaten Probolinggo, mata pelajaran IPA kelas III Pokok Bahasan Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya menunjukkan hasil yang sangat rendah dan mendapat nilai dibawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Mata pelajaran IPA mempelajari tentang dirinya sendiri, lingkungannya, alam semesta dan teknologi yang kan membawanya kesebuah pemahaman. Kegiatan pembelajaran IPA pada pokok bahasan penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya bagi siswa kelas III ini dilakukan dengan menggunkan strategi Card Sort. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui gambaran proses keaktifan siswa dengan menggunakan strategi Card Sort, (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya menggunakan strategi Card Sort pada siswa kelas III. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian sebanyak 19 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif atau data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari sebelum adanya tindakan ke siklus I dan siklus II. Dari data pra siklus diketahui skor rata-rata kelas yaitu 57,10. Pada siklus I dapat diketahui peningkatan pada skor rata-rata kelas yaitu 71,45 dan pada siklus II 85,92. Dapat diketahui pula bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari tiap pertemuan. Yang sebelum adanya tindakan hanya 5 siswa yang tuntas (26,32%) dari 19 siswa. Pada siklus I terjadi peningkatan siswa yang tuntas menjadi 12 siswa (63,16%) dari 19 siswa . pada siklus II ada peningkatan siswa yang tuntas belajar menjadi 17 siswa (89,47%) dari 19 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan diterapkannya strategi card sort pada mata pelajaran IPA pokok bahasan penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SDN Asembakor 1 Kabupaten Probolinggo. 
Institution Info

Universitas Panca Marga