DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAAN MEDIA KARTU PECAHAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Kelas III SDN Ganting Kulon Kecamatan Maron)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Panca Marga
Author
MAHRUS, MUHAMMAD
Subject
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Datestamp
2020-11-11 02:26:18 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kls III SDN Ganting Kulon Kecamatan Maron melalui media kartu pecahan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 22 siswa, terdiri dari 11 laki-laki dan 11 perempuan. Objek penelitian ini adalah materi pecahan sederhana yang menggunakan media kartu pecahan. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Keberhasilan penelitian ini adalah minimal 90% dari jumlah siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70 dan persentase aktivitas guru dan siswa yang diperoleh mencapai 70% dengan klasifikasi baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu pecahan dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi membandingkan pecahan sederhana siswa kelas III SDN Ganting Kulon. Hasil kterlaksanaan RPP pada siklus I pertemuan I dan II adalah 73,8% dan 76,8%, sedangkan pada siklus II pada pertemuan pertama dan kedua adalah 91,6% dan 94,4%. Hal ini menunjuikkan keterlaksanaan RPP terjadi peningkatan yang lebih baik. Peningkatan persentase siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus I dan II sebesar 45% yakni dari 50% menjadi 95%. Rata-rata hasil belajar pada siklus I ke siklus II meningkat yaitu dari 70% menjadi 75%. 
Institution Info

Universitas Panca Marga