DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATERI PENGUKURAN JARAK DENGAN MEDIA TABUSA (TABEL UBAH SATUAN )METER PADA SISWA KELAS V SDI FATAHILLAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Panca Marga
Author
ULHAK, MOH SIAK
Subject
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Datestamp
2020-11-13 04:54:40 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman peneliti sebagai guru kelas V SDI Fatahillah Kec. Gending Kab. Probolinggo. Dari pengalaman penelti tersebut diperoleh berbagai permasalahan, yaitu: (1) penyampaian materi yang dilakukan oleh guru terlalu monoton dan hanya terpusat pada guru, (2) metode yang digunakan oleh guru pun hanya ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas saja, (3) siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan mengingat materi pembelajaran Matematika, dilihat dari rata-rata hasil belajar yang diperoleh secara klasikal sebesar 53,1. Untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran Matematika diterapkan running dictation yang merupakan metode permainan dimana siswa membentuk kelompok yang terdiri 4 kelompok. Dari salah satu perkelompok mencari soal yang sudah ditempel oleh guru setelah itu siswa menghafal soal tersebut dan mendiktekan pada teman kelompoknya dengan harapan siswa dapat tertarik, senang, aktif dan tidak bosan dalam mengikuti pelaksanaan pembelajaran Matematika.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Matematika dan (2) Meningkatkan aktifitas belajar Matematika dengan penerapan running dictation di kelas V SD Islam Fatahillah Sumberkerang Kec. Gending Kab. Probolinggo. Untuk itu rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Waktu penelitian tepatnya pada bulan Juni-Juli 2019. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Islam Fatahillah Sumberkerang sebanyak 13 siswa, terdiri dari 8 laki-laki dan 3 perempuan. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dan hasil tes.Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan RD mampu meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa pada pratindakan sebesar 558,1, pada siklus I meningkat menjadi 60,6 dan pada siklus II meningkat menjadi 82,7 Hal ini menunjukkan bahwa penerapan RD dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya siswa kelas V SD Islam Fatahillah Sumberkerang Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Untuk itu disarankan bagi guru untuk memperhatikan gaya belajar siswanya pada saat hendak melaksanakan pembelajaran. Bagi sekolah disarankan dapat menciptakan suasana yang kondusif dengan menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran. Bagi peneliti lanjut disarankan untuk dapat menerapkan RD pada mata pelajaran lainnya yang disesuaikan dengan isi materi agar memperoleh kebenaran secara empirik-eksperimental. 
Institution Info

Universitas Panca Marga