DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BAGIAN UTAMA HEWAN DAN TUMBUHAN UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR SISWA (Kelas II SD Islam Fatahillah Desa Sumber Kerang Kabupaten Probolinggo)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Panca Marga
Author
WALUYO, RISKA PRESTI
Subject
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Datestamp
2020-11-16 07:00:43 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Scrapbook pada mata pelajaran IPA materi bagian utama hewan dan tumbuhan, serta mengetahui bagaimana respon guru dan peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran Scrapbook pada mata pelajaran IPA materi bagian utama hewan dan tumbuhan. Penelitian ini jenis penelitian dan pengembangan. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan berpedoman pada model Brog and Gall yang sudah di modifikasi oleh Cunningham yang menjadi enam tahapan : 1) studi pendahuluan; 2) perencanaan; 3) pengembangan produk; 4) validasi produk; 5) uji coba produk; dan 6) produk akhir. Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam Fatahillah Desa Sumber Kerang Kabupaten Probolinggo. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket. Teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Hasil kelayakan media berdasarkan penelitian ahli media mendapatkan nilai 90,62% setelah dikonversi dari tabel tingkat kelayakan produk media hasil tersebut termasuk dalam kategori valid. Hasil dari uji ahli materi mendapatkan nilai 93,75% termasuk dalam kualifikasi sangat valid. Pada hasil uji lapangan, perolehan hasil dari guru kelas 2 menyatakan bahwa media pembelajaran Scrapbook memiliki kepraktisan yang memperoleh nilai sebesar 95% hasil ini merupakan kategori praktis. Sedangkan Tingkat keefektifan media pembelajaran Scrapbook mencapai 93,5%. Dari hasil tersebut terlihat bahwa 12 siswa kelas II SD Islam Fatahillah Desa Sumber Kerang Kabupaten Probolinggo telah tuntas belajar. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini media merupakan alat komunikasi yang mempunyai peranan penting bagi seorang pendidik dan peserta didik. Penggunaan dari media pembelajaran Scrapbook ini di untukkan guru yang menggunakannya agar siswa terpacu kepada media Scrapbook yang guru gunakan untuk memotivasi belajar siswa. Saran untuk membangun penelitian ini dikembangkan lebih lanjut, sebaiknya Guru dapat memanfaatkan media pembelajaran Scrapbook pada pembelajaran di kelas sebagai alat bantu. Bagi peneliti yang lebih lanjut sebaiknya bisa melakukan penyebaran produk atau bisa menyempurnakan produk hingga sampai ke produksi massal. 
Institution Info

Universitas Panca Marga