DETAIL DOCUMENT
PENGARUH HARGA, LOKASI, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. FARMINDO ANN CHEMICAL DI PROBOLINGGO (Distributor Obat Pertanian)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Panca Marga
Author
JAYANTI, DWI
Subject
Fakultas Ekonomi 
Datestamp
2021-02-24 03:35:37 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan pada PT. Farmindo Ann Chemical Probolinggo dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh harga, lokasi, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Farmindo Ann Chemical di Probolinggo. Jenis Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan variabel yang digunakan yaitu harga, lokasi, dan promosi sebagai variabel independen dan kepuasan pelanggan sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan PT. Farmindo Ann Chemical Probolinggo yang berjumlah 45 kios obat pertanian yang ada di Probolinggo. Sedangkan metode pengambilan sampel digunakan teknik sampling jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan sampel atau 45 kios pertanian. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga, lokasi, dan promosi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada PT.Farmindo Ann Chemical Probolinggo, hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung 22,659 > Ftabel 2,83. Kemudian untuk hasil penelitian uji parsial, variabel harga (X1) dan promosi (X3) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada PT.Farmindo Ann Chemical Probolinggo sedangkan variabel lokasi (X2) secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung untuk X1 sebesar 4,730 dan X3 sebesar 3,022 yang menunjukkan lebih besar daripada ttabel 2,020. Sementara itu untuk hasil thitung X2 diperoleh nilai 0,801 yang menunjukkan lebih kecil daripada ttabel. Kemudian untuk uji koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 59,6%, hal ini menunjukkan bahwa variabel harga, lokasi, dan promosi mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 59,6% sedangkan sisanya 40,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ada dalam penelitian ini. 
Institution Info

Universitas Panca Marga