DETAIL DOCUMENT
PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA DHARMA KOTA PROBOLINGGO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Panca Marga
Author
APRILIA, KRISNA
Subject
Fakultas Ekonomi 
Datestamp
2021-02-25 06:36:39 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan pada PDAM Tirta Dharma Kota Probolinggo dengan tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah (1) Untuk menguji pengaruh signifikan Citra Perusahaan dan Kepuasan Pelanggan terhadap loyalitas pelanggan secara simultan pada PDAM Tirta Dharma Kota Probolinggo (2) Untuk menguji pengaruh signifikan Citra Perusahaan dan Kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan secara parsial pada PDAM Tirta Dharma Kota Probolinggo (3) Untuk menguji variabel manakah yang berpengaruh dominan antara citra perusahaan dan kepuasan pelanggan tehadap loyalitas pelanggan pada PDAM Tirta Dharma Kota Probolinggo. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan PDAM pada bulan desember 2019 dengan sampel yang diambil dengan rumus Slovin adalah sebanyak 100 orang dengan kriteria pelanggan yang sudah membayar rekening air tepat waktu (antara tanggal 1-20) pada PDAM Tirta Dharma Kota Probolinggo selama 3 bulan, dengan teknik sampling yaitu sampling purposive. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, variabel yang digunakan meliputi citra perusahaan, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Metode analisis data dari hasil penelitian ini yaitu metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan statistik berupa uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis. Hasil penelitian ditunjukkan dengan persamaan regresi Y = 5,795 + 0,146 X1 + 0,646 X2 dan hasil uji hipotesis simultan F hitung sebesar Fhitung (60,594) > Ftabel (3,09) dan sig. = 0,000b < 0,05 membuktikan bahwa citra perusahaan dan kepuasan pelanggan secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Hasil uji hipotesis parsial t tabel= 1,98472 dan nilai t hitung X1= 2,406, X2= 9,896, dengan nilai Sig kedua variabel < 0,025 membuktikan bahwa citra perusahaan dan kepuasan pelanggan secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Hasil uji hipotesis dominan menunjukkan variabel X2 (Kepuasan Pelanggan) memiliki nilai t hitung lebih besar daripada variabel X1(Citra Perusahaan). 
Institution Info

Universitas Panca Marga