DETAIL DOCUMENT
PENGARUH TOTAL QUALITY SERVICE (TQS) DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN INSTALASI RAWAT INAP PADA RUMAH SAKIT UMUM WONOLANGAN KABUPATEN PROBOLINGGO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Panca Marga
Author
JUNAEDI, LENDYS SENY PRISTIN
Subject
Fakultas Ekonomi 
Datestamp
2021-02-27 03:08:23 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan pada Instalasi Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Wonolangan yang berada di Kabupaten Probolinggo dengan obyek penelitian yaitu Total Quality Service (TQS) (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Penelitian ini dilakukan dengan jumlah responden sebanyak 83 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik accidental sampling. Berdasarkan hasil penelitian, hipotesis yang diterima yaitu secara parsial ada pengaruh yang signifikan total quality service terhadap kepuasan pelanggan Instalasi Rawat Inap pada Rumah Sakit Umum Wonolangan Kabupaten Probolinggo. Berdasarkan uji parsial, diperoleh nilai signifikan lebih kecil dari nilai probabilitas 0,025 atau nilai 0,000<0,025. Selanjutnya, secara parsial ada pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Instalasi Rawat Inap pada Rumah Sakit Umum Wonolangan Kabupaten Probolinggo. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial, diperoleh nilai signifikan lebih kecil dari nilai probabilitas 0,025, atau nilai 0,000<0,025. Hipotesis yang diterima berikutnya adalah terdapat pengaruh secara simultan yang signifikan antara Total Quality Service dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Instalasi Rawat Inap pada Rumah Sakit Umum Wonolangan Kabupaten Probolinggo. 
Institution Info

Universitas Panca Marga