DETAIL DOCUMENT
PENGARUH CITRA MEREK, POSITIONING DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA PADA DEALER SIP YAMAHA PROBOLINGGO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Panca Marga
Author
ERFIANTI, LULY
Subject
Fakultas Ekonomi 
Datestamp
2021-02-27 06:23:11 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh antara Citra Merek, Positioning dan Periklanan secara simultan terhadap Sepeda Motor Yamaha pada Dealer SIP Yamaha Probolinggo. 2)Untuk mengetahui pengaruh antara Citra Merek, Positioning dan Periklanan secara parsial terhadap Sepeda Motor Yamaha pada Dealer SIP Yamaha Probolinggo. 3) Untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan antara Citra Merek, Positioning dan Periklanan terhadap Sepeda Motor Yamaha pada Dealer SIP Yamaha Probolinggo. Peneliti menggunakan deskriptif dengan pendekatan asosiatif kausal dan mengambil sampel sebanyak 54 responden, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik pengambilan sampel menggunakan inisidental sampling. Alat analisis yang digunakan adalah uji kuesioner yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, uji determinasi, uji hipotesis yang terdiri dari uji t, uji F dan uji dominan. Hasil penelitian uji validitas menunjukkan seluruh item pertanyaan valid yaitu diatas 0.268 dan hasil penelitian uji reliabilitas menunjukkan hasil reliabel yaitu diatas 0.60. Uji Normalitas menunjukkan data terdistribusi normal. Uji Multikolinieritas mununjukkan variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) tidak terdapat kolerasi antar variabel independen atau model regresi bebas dari multikolinieritas. Uji Heteroskedastisitas menunjukkan tidak terjadi heteroskedastisitas. Uji Autokorelasi menunjukkan tidak terjadi autokorelasi. Uji F menunjukkan bahwa variabel bebas berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan nilai Fhitung > Ftabel (85.287 > 2.79) (sig. 0.000 < 0,05). Uji t menunjukkan bahwa variabel citra merek (X1) berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan (Y) yaitu dengan nilai thitung > ttabel (9.906 > 2.009) (sig. 0.000 < 0.025). Dan variabel positioning (X2) berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan (Y) dengan Nilai thitung ? ttabel (2.707 > 2.009) (sig. 0.009 < 0.025). Variabel periklanan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan Nilai thitung ? ttabel (2.040 > 2.009) (sig. 0.003 < 0.025). Penelitian ini mendukung hasil penelitian yang dilakukan oleh Mawara (2018), Asshidiq (2017) dan Tumulo (2017). 
Institution Info

Universitas Panca Marga