DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HOTEL TAMPIARTO KOTA PROBOLINGGO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Panca Marga
Author
CAHYANTI, PUTRI AYU
Subject
Fakultas Ekonomi 
Datestamp
2021-03-05 06:39:12 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan pada Hotel Tampiarto Kota Probolinggo dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas pelayanan (X1), promosi (X2), fasilitas (X3) terhadap kepuasan pelanggan (Y). Hal ini dilakukan karena peneliti ingin mengetahui manakah variabel yang memiliki pengaruh yang paling dominan atau yang paling besar terhadap kepuasan pelanggan pada Hotel Tampiarto Kota Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Pada variabel yang digunakan meliputi variabel independen dan dependen. Variabel independennya yaitu kualitas pelayanan, promosi dan fasilitas. Sedangkan variabel dependennya yaitu kepuasan pelanggan. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan responden sebanyak 40 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisa statistic yang dilakukan dengan bantuan program SPSS 22 for windows. Penelitian ini menggunakan uji data yaitu uji validitas dan uji reliabel. Selanjutnya penelitian ini menggunakan asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolonnieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokolerasi. Uji hipotesisi yang terdiri dari analisis regresi berganda, uji f, uji t dan uji dominan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Secara Simultan atau uji f diperoleh nilai Fhitung sebesar 92,696 dengan tingkat signifikan 0,000 < nilai probability 5%., maka kesimpulannya H0 ditolah dan H1 diterima, artinya kualitas pelayanan, promosi da fasilitas berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan (2) secara Parsial atau uji t pada kualitas pelayanan diperoleh nilai thitung ? ttabel sebesar 8.838 ? 1,678 menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H2 diterima, pada promosi diperoleh nilai thitung ? ttabel sebesar 2,345 ? 1,678 menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H2 diterima, pada fasilitas diperoleh nilai thitung ? ttabel sebesar 2,161 ? 1,678 menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H2 diterima, yang artinya kualitas pelayanan, promosi dan kualitas mempunyai pengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan. (3) berdasarkan uji t atau uji parsial yang berpengaruh secara dominan terhadap kepuasan pelanggan pada Hotel Tampiarto Probolinggo adaah variabel kualitas pelayanan (X1). 
Institution Info

Universitas Panca Marga