DETAIL DOCUMENT
PENGARUH STRATEGI STP ( SEGMENTASI , TARGETING, DAN POSITIONING) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MATIC (Studi Kasus Pengguna Sepeda Motor Matic Di Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Panca Marga
Author
RANJANIS, SENTRIS
Subject
Fakultas Ekonomi 
Datestamp
2021-03-06 04:21:29 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan di wilayah Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh segmentasi, targeting dan positioning terhadap keputusan pembelian sepeda motor matic di Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo baik secara simultan maupun parsial dan untuk mengetahui variabel manakah diantara segmentasi, targeting dan positioning yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian sepeda motor matic di Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan hubungan asosiatif kausal. Variabel yang digunakan terdiri dari variabel bebas yaitu segmentasi, targeting dan positioning dan variabel terikat keputusan pembelian. Sampel yang digunakan sebanyak 97 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji Validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji koefisien determinasi, uji F, uji t dan uji dominan serta pengolahan data yang dilakukan dengan program SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa segmentasi, targeting dan positioning berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor matic di Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo yang ditunjukkan hari hasil analisis regresi berganda yaitu Y = 1,147 + 0,164 X1 + 0,383 X2 + 0,485 X3 dengan hasil uji hipotesis secara simultan menunjukkan nilai Fhitung = 77,516 lebih besar dari nilai Ftabel = 2,70 (Fhitung > Ftabel) yang membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara segmentasi, targeting dan positioning terhadap keputusan pembelian sepeda motor matic di Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo. Hasil uji hipotesis secara parsial menunjukkan nilai thitung untuk X1 = 2,376 , X2 = 6,116 , dan X3 = 6,696 lebih besar dari ttabel = 1,985 yang membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara segmentasi, targeting dan positioning terhadap keputusan pembelian. Variabel positioning berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian sepeda motor matic di Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo. 
Institution Info

Universitas Panca Marga