Abstract :
Prestasi belajar siswa kelas IV SD Islam Nurus Syamsi pada mata pelajaran bangun
datar tergolong rendah karena siswa dituntut untuk mempelajari materi yang tidak sesuai dengan
karakter siswa dan hanya menggunakan satu bahan ajar yang menekankan pada aspek
kognitifnya saja. Oleh karena itu, peneliti melakukan pengembangan media roda putar yang
disesuaikan dengan karakter peserta didik dan memperhatikan keseimbangan antara aspek
kognitif, afektif, dan psikomotorik serta membekali peserta didik dengan pembelajaran secara
mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media roda putar yang valid, praktis,
menarik, efektif, serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah
dimodifikasi. Pengembangan dimulai dengan studi pendahuluan, dilanjutkan dengan
perencanaan, desain produk, validasi produk, revisi produk, dan produk akhir.
Validasi isi / validasi materi mencapai 75% dan hasil validasi ahli media mencapai 87,5%. dari
angket guru kelas tingkat kepraktisan mendapat skor 87,8% , dari angket siswa persentase
kemenarikan diperoleh skor 85,7%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, Media roda putar
telah valid, praktis, menarik, dan efektif dalam pembelajaran matematika kelas IV.