Abstract :
Kurikulum merupakan jantung pendidikan yang digunakan sebagai sistem
rencana dan tekhnik mengenai bahan pembelajaran.Sistem kurikulum ini dibuat dan
disahkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Penelitian
ini memfokuskan pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Implementasi Kurikulum
Merdeka yang terkait dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana Kurikulum Merdeka diterapkan di
tingkatan SD Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode
kualitatif..Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV di SD Islam Al-Amin Kabupaten
Probolinggo. Perencanaan sudah lebih dulu disiapkan saat pelaksanaan KKG gugus 2
Kecamatan Leces.
Tahap pelaksana dikaksanakan sesuai dengan pedoman yang ada pada
perangkat pembelajaran. Pada tahap perencanaan, kurikukulum tidak dapat
meninggalkan suatu proses perencaan sebelum pelaksanaan. Pada tahap perencaanan
guru kelas IV sudah siap dengan semua perangkat pembelajaran CP, ATP, Modul
Ajar dan Modul P5. Perencanaan dibuat sedemikian rupa sesuai dengan panduan dari
dinas Pendidikan ?SK Kemendikbud Kurikulum Merdeka?.Pelaksanaan pun dapat
terlaksana sesuai dengan panduan ATP dan modul ajar dengan memperhatikan aspek
penilaian deferensiasi peserta didik. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang
memusatkan pada peserta didik untuk lebih aktif dan kreatif
.Pada tahap evaluasi pun sudah terlaksana sesuai dengan metodenya yaitu
dengan evaluasi pembelajaran berbasis kurikulum merdeka belajar di SDI Al-Amin
Kabupaten Probolinggo dengan mengadakan assessment formatif dan assessment
sumatif. evaluasi pembelajaran berbasis kurikulum merdeka menggunakan
assessment formatif dan sumatif. Assessment formatif diserahkan kepada guru mata
pelajaran masimg-masing, seperti kuis, ulangan harian, dan penilaian proyek.
Sedangkan Assessmen sumatif, langsung pihak sekolah yang mengadakan untuk
melihat hasil akhir dari pembelajaran, seperti ujian MID semester dan ujian semester.