Abstract :
Pelayanan administrasi desa merupakan kegiatan implementasi pelayanan
publik. Pada Kantor Desa Patalan Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo
merupakan instansi pemerintah desa yang selalu dikunjungi masyarakat untuk
memenuhi kebutuhannya dan keinginan dalam pembuatan surat-menyurat. Oleh
karena itu, Kantor Desa Patalan Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo
diharapkan dapat memberikan pelayanan yang baik sehingga dapat memberikan
kepuasan pada masyarakat dan kualitasnya dapat dikatakan baik.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan analisis
kepuasan masyarakat dengan menggunakan perangkat lunak SPSS dan
Spreadsheet. Pengumpulan data berupa angket (Kuesioner) dan dokumentasi.
Dalam penelitian ini teknik analisis datanya dilakukan menggunakan indeks
kepuasan masyarakat (IKM) Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan
Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun
2017 akan tetapi tidak menggunakan 9 unsur melainkan menggunakan dua unsur
yaitu etika dan profesionalisme yang memiliki 7 indikator.
Berdasarkan hasil penelitian dari dua unsur yang mencakup tujuh indikator
yang mengarah pada Kepuasan Masyarakat mengenai kualitas pelayanan
administrasi di Desa Patalan, Kecamatan Wonomerto, dan Kabupaten
Probolinggo menyatakan bahwa menerima skor tinggi pada IKM adalah equality
yang memiliki skor 3,17 nilai konversi mendapatkan 79,3 dan masuk pada
kategori ?Puas? nilai bobot ?B?. Indikator yang mendapatkan nilai terendah
adalah knowledg dengan skor 3,10 dengan nilai konversi 77.5 dan termasuk pada
kategori ?Puas? dan juga memperoleh nilai bobot ?B?.