DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PRODUK, HARGA, DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA PROBOLINGGO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Panca Marga
Author
SALMAWATI, DEWI
Subject
Fakultas Ekonomi 
Datestamp
2019-12-13 03:39:55 
Abstract :
Penelitian dilakukan terhadap Perusahaan Air Minum Kota Probolinggo dengan tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara Produk (X1), Harga (X2), Distribusi (X3) dan Promosi (X4) secara simultan dan parsial terhadap Keputusan Pembelian (Y), serta untuk mengetahui salah satu variabel bebas yang berpengaruh paling dominan terhadap variabel terikat pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan populasi sebanyak 19.303 pelanggan ditentukan sampel 100 pelanggan dengan menggunakan metode analisis data antara lain uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis (uji t, uji f, uji variabel dominan) dengan menggunakan program SPSS versi 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh hasil uji validitas semua variabel sudah valid dengan hasil lebih besar dari r tabel 0,1966 dan hasil uji reliabilitas semua variabel menghasilkan hasil yang reliable dengan hasil lebih besar dari nilai Cronbach Alpha 0,70, hasil pengujian secara simultan menunjukkan nilai Fhitung 546,931>Ftabel 3,09 dengan nilai sig. F= 0,000<0,05, hal ini berarti variabel produk, harga, distribusi dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara parsial variabel produk diperoleh nilai thitung 9,311>ttabel 1,984 nilai sig. t= 0,000<0,025. Variabel harga diperoleh nilai thitung 5,250>ttabel 1,984 nilai sig. t= 0,000<0,025. Variabel distribusi diperoleh nilai thitung 5,951>ttabel 1,984 nilai sig. t= 0,000<0,025. Untuk variabel promosi diperoleh nilai thitung 5,144>ttabel 1,984 nilai sig. t= 0,000<0,025, hal ini berarti variabel produk, harga, distribusi dan promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel bebas yang berpengaruh paling dominan terhadap variabel terikat dengan melihat nilai t hitung terbesar yang signifikan yaitu variabel produk dengan nilai thitung= 9,311 lebih besar daripada nilai thitung variabel distribusi= 5,951 lebih besar dari pada nilai thitung variabel harga= 5,250 dan nilai thitung variabel promosi= 5,144. 
Institution Info

Universitas Panca Marga