DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS III MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN JATIURIP 1 KABUPATEN PROBOLINGGO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Panca Marga
Author
HIKMAH, YUNI LUTFIATUN
Subject
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Datestamp
2024-04-27 06:24:20 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan model cooperative script pada siswa kelas III mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Jatiurip 1 Kabupaten Probolinggo. (2) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Jatiurip 1 Kabupaten Probolinggo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK adalah penelitian yang berorientasi pada penerapan tindakan dengan peningkatan mutu atau pemecahan masalah pada sekelompok subyek yang diteliti dan mengamati tingkat keberhasilan atau akibat tindakan, kemudian diberikan tindakan lanjutan yang bersifat penyempurnaan dengan situasi dan kondisi, sehingga diperoleh hasil yang lebih baik. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah pada siklus 1 diperoleh dengan hasil belajar siswa 55,5% dengan siswa tuntas 10 siswa dari 18 siswa, afektif dan psikomotor siswa masih kurang. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan hasil belajar siswa 83,3% dengan siswa tuntas 15 siswa, afektif dan psikomotor siswa menjadi lebih baik. Kesimpulan yang telah diperoleh adalah bahwa terjadi peningkatan hasil belajar melalui penerapann model cooperative script pada siswa kelas III mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Jatiurip I Kabupaten Probolinggo. 
Institution Info

Universitas Panca Marga