DETAIL DOCUMENT
UJI KARAKTERISTIK KONSUMSI, EMISI GAS BUANG, DAN PERFORMA DENGAN VARIASI KOMPOSISI BAHAN BAKAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Panca Marga
Author
RAHMAN, FAJAR
Subject
Fakultas Teknik 
Datestamp
2024-05-28 08:53:49 
Abstract :
Jumlah sampah plastik yang terus meningkat mengakibatkan pencemaran pada lingkungan. Salah satu penyebab pencemaran pada lingkungan adalah disebabkan meningkatnya konsumsi kebutuhan manusia dan rendahnya kesadaran pendidikan masyarakat. Maka dari itu perlu adanya proses daur ulang yang lebih menjanjikan dan berprospek kedepan. Salah cara untuk mengurangi sampah plastik yaitu dengan cara mengonversi sampah plastik menjadi minyak bahan bakar alternatif dengan metode pirolisis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh campuran bahan bakar sampah plastik polipropilena pada kendaraan terhadap uji konsumsi, emisi gas buang, dan performa dengan penyampuran bahan bakar polipropilena 5%, 10%, 15% dan dengan penambahan Hydrocarbon Crack System (HCS). Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Produksi Universitas Panca Marga Probolinggo dengan metode eksperimental. Hasil dari pengujian terhadap konsumsi bahan bakar paling irit terdapat pada campuran bahan bakar sampah polipropilena 15% dengan penambahan Hydrocarbon Crack System (HCS) terbaca pada rpm 1.000 yang mengkonsumsi 6 ml bahan bakar dan pada rpm 7.000 terbaca 17 ml. Data terbaik dari pengujian dengan penyampuran bahan polipropilena 15% tanpa Hydrocarbon Crack System (HCS) untuk emisi gas buang pada kadar CO pada rpm 7.000 terbaca 0,02%. Data terbaik dari pengujian dengan penyampuran bahan bakar polipropilena 10% tanpa Hydrocarbon Crack System (HCS) untuk emisi gas buang pada kadar HC nilai terendah pada rpm 7.000 terbaca 41 ppm. Data terbaik dari pengujian dengan penyampuran bahan bakar polipropilena 15% tanpa Hydrocarbon Crack System (HCS) untuk emisi gas buang pada kadar CO2 nilai tertinggi pada rpm 7.000 terbaca 13,4%. Data terbaik dari pengujian dengan penyampuran bahan bakar polipropilena 15% dengan penambahan Hydrocarbon Crack System (HCS) untuk emisi gas buang pada kadar O2 pada rpm 7.000. Data terbaik dari pengujian performa dengan penambahan Hydrocarbon Crack System (HCS) dan penyampuran bahan bakar polipropilena 15% dapat memberikan kenaikan nilai daya dan torsi pada sepeda motor. Hasil daya terbesar terjadi pada rpm 9.000 terbaca 15,36 HP dan torsi terbaca 10,25 Nm pada rpm 7.000. 
Institution Info

Universitas Panca Marga