Abstract :
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh sosialisasi,
pengetahuan pajak, dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan pajak reklame
pada wajib pajak reklame di kabupaten Rokan Hulu dengan kesadaran sebagai
variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak
yang terdaftar di kabupaten Rokan Hulu, sampel pada penelitian ini adalah 55
responden. Pengumpulan data penelitain dengan cara menyebar kuesioner. Teknik
analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier
berganda dan path analysis dengan bantuan aplikasi SPSS Versi 18.
Hasil menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh antara sosialisasi,
pengetahuan pajak, kualitas pelayanan terhadap kesadaran wajib pajak. Terdapat
pengaruh antara sosialisasi, pengetahuan pajak, kualitas pelayanan, dan kesadaran
terhadap kepatuhan pajak reklame. Kesadaran dapat mengintervening antara
sosialisasi, pengetahuan pajak, kualitas pelayanan terhadap kepatuhan pajak
reklame.