Abstract :
NONI ARDILA. NIM: 1425043. 2018. ANALISIS SIKAP KONSUMEN DAN
GAYA HIDUP TERHADAP MINAT BELI PRODUK RAMAH
LINGKUNGAN MOORLIFE (STUDI KASUS PADA TOKO BUNDA
GROSIR). Pembimbing I: YULFITA AINI, SE.,MM, dan Pembimbing II:
SEPRINI, SE.,MM
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah sikap konsumen dan gaya
hidup memiliki pengaruh terhadap minat beli baik secara parsial maupun
simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga yang sudah
membeli produk moorlife. Sampel penelitian menggunakan snowball sampling
sebanyak 75 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini sikap konsumen (X1) dan
gaya hidup (X2) sedangkan variabel terikat (Y) minat beli. Metode pengumpulan
data menggunakan wawancara, observasi dan kuesioner. Analisis data
menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS. Hasil
analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa sikap konsumen dan gaya
hidup berpengaruh terhadap minat beli. Secara parsial, diperoleh thitung sikap
konsumen 4,174 dan gaya hidup 20,788. Secara simultan, diperoleh Fhitung
251,116 menunjukkan sikap konsumen dan gaya hidup secara bersama-sama
berpengaruh terhadap minat beli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 87,5%
minat beli dipengaruhi oleh sikap konsumen dan gaya hidup, sedangkan sisanya
12,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kesimpulan dari penelitian ini sikap konsumen dan gaya hidup berpengaruh
terhadap minat beli baik secara parsial maupun secara simultan.
Kata Kunci: sikap konsumen, gaya hidup dan minat beli