Abstract :
Zulfan Hasri, 1425158. Dengan Judul Pengaruh Pelayanan Dan
FasilitasTerhadap Kepuasan Pengunjung Di Lembaga Pemasyarakatan
Kelas IIB Pasir Pengaraian. Pembimbing I Makmur, SE.MMA dan
Pembimbing II Purwantoro, SE.MSi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan, fasilitas
terhadap kepuasan pengunjung di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pasir
Pengaraian. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan
dilaksanakan pada 100 orang yang dilaksanakan secara acak. Analisa data pada
penelitian ini menggunakan bantuan SPSS. Teknik sampling yang dipakai adalah
metode sensus dan teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian
inimeliputi perhitungan TCR, uji validitas dengan analisis faktor uji reliabilitas
dengan Alpha Cronbach. Analisis regresi berganda untuk menguji dan
membuktikan hipotesis penelitian. Penelitian ini membuktikan pengaruh
pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pengunjung di Lembaga
Pemasyarakatan Kelas IIB Pasir Pengaraian dengan menggunakan 3 variabel
yakni variabel pelayanan terdiri dari indikator Reliability, Tangible,
Responsivennes, assurance danempaty, kemudian variabel fasilitas dan variabel
kepuasan pengunjung. Hasil perhitungan TCR variabel pelayanan sebesar 80.4%
pada kriteria baik, variabel fasilitas dengan nilai TCR sebesar 81.8% dan variabel
kepuasan pengunjung dengan nilai TCR sebesar 81.4% pada kriteria baik. Hasil
analisis menunjukan bahwa Hasil pengujian diperoleh nilai t
untuk variabel
pelayanan menunjukan nilai t
hitung
hitung
= 7.371 dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05,
yang berarti bahwa hipotesis variabel pelayanan memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap kepuasan pengunjung di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB
Pasir Pengaraian. Sedangkan variabel fasilitas diperoleh nilai t
untuk variabel
fasilitas menunjukan nilai t hitung = 4.617 dengan signifikan 0.000 < 0.05, yang
berarti bahwa hipotesis variabel fasilitas memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap kepuasan pengunjung di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pasir
Pengaraian.
Kata Kunci: Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan
hitung