Abstract :
YULISMA. NIM: 1425023. 2018. PENGARUH KECERDASAN
EMOSIONAL DAN KEADILAN PROSEDURAL KARYAWAN TERHADAP
KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN
ROKAN HULU. Pembimbing I: AHOK ALPA BETA,SE.,MM, dan
Pembimbing II: YULFITA AINI, SE.,MM
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah kecerdasan emosional dan keadilan
prosedural karyawan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit
Umum Daerah Kabupaten Rokan Hulu baik secara parsial maupun simultan.
Populasi dalam penelitian ini adalah pasien Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten
Rokan Hulu. Sampel penelitian menggunakan teknik aksidental sampling sebanyak
100 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini kecerdasan emosional (X1),
keadilan prosedural karyawan (X2) dan variabel terikat (Y) kepuasan pasien.
Metode pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan studi
kepustakan. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda
menggunakan program SPSS 18. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh
persamaan regresi Y =16,087 – 0,425X1 + 1,081X2 menunjukan bahwa apakah
kecerdasan emosional dan keadilan prosedural karyawan berpengaruh terhadap
kepuasan pasien. Secara parsial, diperoleh t-hitung kecerdasan emosional -1,294dan
keadilan prosedural karyawan 4,760. Secara simultan, diperoleh F-hitung 12,606
menunjukkan kecerdasan emosional dan keadilan prosedural karyawan secara
bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa 20,6% kepuasan pasien dipengaruhi oleh kecerdasan
emosional dan keadilan prosedural karyawan, sedangkan sisanya 79,4%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan
dari penelitian ini kecerdasan emosional dan keadilan prosedural karyawan
berpengaruh terhadap kinerja karyawan secara simultan, sedangkan secara parsial
hanya variabel keadilan prosedural karyawan yang berpengaruh signifikan.
Kata Kunci: kecerdasan emosional, keadilan prosedural karyawan, kepuasan pasien