Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hambatan Proses Pembelajaran IPA dalam
pelaksanaan Kurikulum 2013 bagi guru Madrasah Tsanawiyah di kecamatan Bangun
Purba. Penelitian ini telah dilaksanakan dari bulan Januari sampai Februari 2019. Metode
yang digunakan deskriptif dengan menggunakan angket. Populasi penelitian ini adalah 4
guru dari 3 sekolah. Hasil penelitian ini diperoleh dari analisis data angket dengan
persentase rata-rata 85,23% dengan kriteria sangat baik. Kendala-kendala yang dihadapi
guru (1) Rendahnya moral spritual, budaya, membaca dan meneliti masih rendah; (2)
Guru lebih banyak menekan aspek kognitif; (3) Sistem penilaian kurikulum 2013 terlalu
banyak aspek sehingga membuat guru sulit ; (4) Media untuk praktek masih kurang; (5)
Kurangnya penguasaan IT oleh guru: (6) Lemahnya penguasaan bidang administrasi ; (7)
Masih banyak guru yang belum mau menjadi manusia pembelajar ; (8) Seorang guru
dituntut oleh terus menambah pengetahuan dan memperluas wawasannya, terlebih setelah
diberlakukannya kurikulum 2013.