Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh
pembelajaran metode CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition)
dengan media Microsoft Powerpoint terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA
Negeri 2 Tambusai Tahun pembelajaran 2014/2015. Jenis penelitian penelitian
adalah eksperimen semu dengan desain Non Randomized Control Group Pretest
Posttest Design. Pengambilan sampel dengan teknik Non Random Sampling.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X
sebagai kelas eksperimen dan
kelas X
B
A
sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil pengujian
hipotesis diperoleh t
hitung
> t
(4,02 > 2,01). Disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh pembelajaran metode CIRC (Cooperative Integrated And Reading
Composition) disertai dengan media Microsoft Powerpoint terhadap prestasi
belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Tambusai tahun pembelajaran 2014/2015.
tabel