DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BUAH-BUAHAN LOKAL DI KOTA PASIR PENGARAIAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pasir Pengaraian
Author
M. AZRA, RIZKY
Subject
630 - 639 Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan 
Datestamp
2022-02-16 02:12:48 
Abstract :
Pertanian merupakan sektor yang berperan dan berpengaruh besar dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Sektor pertanian terdiri dari beberapa subsektor yaitu tanaman pangan, holtikultura, kehutanan, perkebunan, peternakan dan perikanan. Buah merupakantanaman hortikultura yang memiliki peran dalam pemenuhan mutu gizi masyarakat. Konsumsi masyarakat Indonesia terhadap buah-buahan saat ini belum memenuhi standar. Menurut data Balai Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian pada 2018 bahwa konsumsi buah-buahan dipengaruhi oleh produsen yaitu bauran pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis berapa besar pengaruh faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor individu dan faktor psikologis terhadap pembelian buah-buahan lokal di kota Pasir Pengaraian secara simultan dan secara parsial. Penelitian dilaksanakan di Kota Pasir Pengaraian, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu selama 2 (dua) bulan mulai dari bulan April s/d Mei 2020 untuk proses identifikasi data primer dan data sekunder, sedangkan proses penyusunan laporan penelitian sampai selesai memerlukan waktu 4 (empat) bulan. Kota Pasir Pengaraian dipilih sebagai lokasi penelitian karena merupakan salah satu wilayah dengan kepadatan penduduk yang tinggi dan juga merupakan ibu kota Kabupaten Rokan Hulu. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif kuantitatif adalah pemecahan permasalahan sekarang mengguanakan analisis data penelitian yang dinyatakan dalam bentuk angka sebagai hasil dari perhitungan dan pengukurannya dalam melihat fenomena yang ada lalu akan di bandingkan dengan teori yang telah ada. Data yang diperoleh adalah data primer berupa kuesioner yang akan di bagikan ke sejumlah responden penelitian. Untuk mendukung hasil penelitian, data penelitian yang diperoleh akan dianalisis dengan alat statistik melalui bantuan program SPSS. Adapun pengujian-pengujian akan dilakukan adalah pengujian secara simultan dan parsial. Hasil penelitian sebagai berikut Setelah dilakukan pengujian secara serempak (simultan) uji f maka dapat disimpulakan bahwa variabel budaya, sosial, pribadi dan psikologi berpengaruh nyata terhadap perilaku konsumen terhadap pembelian buah lokal di Pasir Pengaraian secara serempak. Pengujian secara parsial (uji t) yang telah dilakukan memperoleh hasil bahwa masing-masing variabel sosial dan pribadi berpengaruh nyata terhadap perilaku konsumen terhadap pembelian buah lokal di Pasir Pengaraian, sedangakan variabel budaya dan psikologi tidak berpengaruh nyata terhadap pembelian buah lokal di Pasir Pengaraian. 
Institution Info

Universitas Pasir Pengaraian