Abstract :
Pembelajaran fisika dikatakan berhasil dengan baik apabila pembelajarannya
mempertimbangkan starategi atau model pembelajaran yang efektif dan efesien.
Berdasarkan studi pendahuluan (observasi) dan informasi dari salah satu guru
fisika MAN Pasir Pengaraian, proses pembelajaran dalam mata pelajaran fisika
masih menggunakan pembelajaran konvensional, sehingga hasil belajar rendah.
Salah satu alternatif dalam memecahkan masalah tersebut adalah menciptakan
keterlibatan siswa secara aktif baik segi mental maupun fisik yaitu dengan
melakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads
Together (NHT).Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif.Populasi dalam
penelitian ini adalah Kelas XI IPA1 dan Kelas XI IPA 2 tahun ajaran 2014/2015.
Dengan teknik Sampling jenuh terpilih kelas eksperimennya pada kelas XI IPA 2
dengan jumlah siswa 25 siswa dan kelas kontrol pada kelas XI IPA 1 dengan
jumlah siswa 25 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan analisis uji-t (dua pihak)
didapat t
hitung
= 3,511 dan t
tabel
= 2,01063. Sehingga H
1
diterima dan H
ditolak.Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Number
Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar kogintif fisika siswa
MAN Pasir Pengaraian pada pokok bahasan usaha dan energi.
0