DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT)TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF FISIKA SISWA MAN PASIR PENGARAIAN
Total View This Week12
Institusion
Universitas Pasir Pengaraian
Author
Zulman, -
Subject
 
Datestamp
2019-12-19 05:51:04 
Abstract :
Pembelajaran fisika dikatakan berhasil dengan baik apabila pembelajarannya mempertimbangkan starategi atau model pembelajaran yang efektif dan efesien. Berdasarkan studi pendahuluan (observasi) dan informasi dari salah satu guru fisika MAN Pasir Pengaraian, proses pembelajaran dalam mata pelajaran fisika masih menggunakan pembelajaran konvensional, sehingga hasil belajar rendah. Salah satu alternatif dalam memecahkan masalah tersebut adalah menciptakan keterlibatan siswa secara aktif baik segi mental maupun fisik yaitu dengan melakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT).Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah Kelas XI IPA1 dan Kelas XI IPA 2 tahun ajaran 2014/2015. Dengan teknik Sampling jenuh terpilih kelas eksperimennya pada kelas XI IPA 2 dengan jumlah siswa 25 siswa dan kelas kontrol pada kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa 25 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan analisis uji-t (dua pihak) didapat t hitung = 3,511 dan t tabel = 2,01063. Sehingga H 1 diterima dan H ditolak.Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar kogintif fisika siswa MAN Pasir Pengaraian pada pokok bahasan usaha dan energi. 0 
Institution Info

Universitas Pasir Pengaraian