DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII DI MTs MENAMING KECAMATAN RAMBAH
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pasir Pengaraian
Author
HIJRIYATI, -
Subject
900 Sejarah, Geografi dan DIsiplin Ilmu Yang Berkaitan 
Datestamp
2022-03-22 02:01:25 
Abstract :
Hijriyati. 1738010. 2021 Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achiviment Division (STAD) terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII di MTs Menaming Kecamatan Rambah. Pembimbing I Cicilia Melinda, MPd. Pembimbing II Ike Betria M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa Kelas VII MTs Menaming. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi eksperiment). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Team Achuviment Division (STAD) terhadap hasil belajar IPS siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Menaming. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 20 orang siswa dan siswa kelas VII B yang berjumlah 20 orang siswa. Desain penelitian ini menggunakan pretest dan postest, dengan dasar pengambilan Ho ditolak apabila thitung < ttabel dan diterima Ho apa bila thitung > ttabel. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test diperoleh data thitung > ttabel = 2,666 > 1,682. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran STAD berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs menaming tahun pembelajaran 2020/2021. 
Institution Info

Universitas Pasir Pengaraian